Tips Perawatan Spakbor untuk Jaga Motor Tetap Bersih, Anti Kotor!

Tips Perawatan Spakbor untuk Jaga Motor Tetap Bersih, Anti Kotor!

1. Membilasnya secara Rutin untuk Mengurangi Risiko Korosi

Tips pertama yang sebaiknya Anda lakukan yaitu membilas komponen spakbor secara rutin. Hal ini menjadi semakin penting jika kalian sering melakukan perjalanan ketika musim penghujan.

BACA JUGA:Anies Baswedan Hapus Larangan Sepeda Motor di Jalur Protokol, Apa Dampaknya?

Jika mobilitas menggunakan motor terbilang tinggi pada musim penghujan, maka kebersihan motor perlu selalu diperhatikan. Lakukan pembersihan motor secara rutin, terlebih jika sudah dirasa kotor setelah melakukan perjalanan.

Salah satu komponen yang penting untuk diperhatikan yaitu bagian spakbor. Bilaslah dengan air bersih secara rutin, supaya bisa mengurangi berbagai risiko korosi atau berkarat.

Kotoran yang menempel di bagian spakbor, misalnya lumpur atau cipratan air hujan, sebaiknya tidak dibiarkan terlalu lama.

Segera bersihkan kotoran tersebut supaya kondisinya tetap baik dan tidak mudah berkarat. Inilah cara rawat spakbor yang penting untuk Anda biasakan.

BACA JUGA:Motor Listrik Subsidi Sepi Peminat, Apa Sih yang Jadi Penyebabnya?

Meski biasanya sudah ada anti karat yang dipasang dari pihak pabrik, namun bukan berarti kemungkinan berkarat menjadi hilang sepenuhnya. Maka dari itu, sebaiknya kalian tetap harus melakukan antisipasi dengan menjaga kebersihan spakbor.

2. Ketika Mencuci Motor, Bersihkan juga Bagian Cakram Rem

Ketika kalian mencuci atau membilas motor, jangan lupa untuk membersihkan juga cakram rem dan bagian kalipernya. Pembersihan kedua komponen ini menjadi penting, sebab kinerjanya bisa berpengaruh terhadap kinerja spakbor motor.

Jika kedua komponen tersebut kotor, maka bisa mengganggu kinerja dari spakbor. Jadi, jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan dari kedua komponen ini.

3. Mengolesi Komponen Spakbor dengan Minyak Goreng

Tips ketiga yang bisa Anda lakukan yaitu mengolesi spakbor dengan memakai minyak goreng.

BACA JUGA:Simpel! Begini Cara Membersihkan Radiator Motor dengan Mudah

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: