5 Penyebab Klakson Motor Mati, Simak Juga Cara Memperbaikinya

5 Penyebab Klakson Motor Mati, Simak Juga Cara Memperbaikinya

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Klakson sangatlah penting sebagai tanda peringatan ketika berkendara kepada pengguna jalan atau kendaraan lain.

Sangat berbahaya mengendarai sepeda motor dengan klakson tidak berfungsi.Jadi sebelum berkendara,tidak ada salahnya mengecek klakson berfungdi atau tidak.

Apabila ternyata klakson motor kalian tidak berfungsi atau suaranya terdengar macet,tidak perlu buru-buru pergi ke bengkel.kenali apa saja yang menyebabkan klakson motor mati supaya lebih mudah memperbaikinya. Beberapa penyebabnya masih bisa ditangani sendiri.

BACA JUGA:Jangan Fomo! Tren Ganti Lampu atau Klakson Motor Sembarangan Bisa Bikin Beban Aki Nambah

Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan klakson motor tidak berbunyi sekaligus cara untuk mengatasinya.

1. Munculnya Karat Pada Saklar Klakson

Kerak dan karat bisa saj muncul pada saklar klakson karena sudah lama digunakan. Kerusakan pada saklar klakson adalah hal yang wajar karena termasuk dalam suku cadang yang harus rutin di bersihkan, kerusakan karena kerak atau karat nantinya akan menghalangi arus listrik dan klakson pun tak dapat dibunyikan.

Ketika kerak muncul biasanya suara klakson akan terdengar mengecil, jika karat sudah bertambah banyak maka di saat itulah klakson tidak dapat berbunyi lagi.

BACA JUGA:6 Tips Aman Merawat Cat Motor Agar Tetap Tampak Kinclong, Bersih Mengkilat!

Bagi kalian yang menemukan gejala suara sudah mulai tidak terdengar sebaiknya segera bersihkan saklar.Caranya sangat mudah hanya dengan melepas klakson kemudian membersihkannya.

Manfaatkan cairan khusus untuk menghilangkan karat kemudian keringkan menggunakan kain atau plas chamois.Setelah itu kembalikan ke tempat semula lalu cobala pencet klakson tersebut apakah sudah berbunyi normal.

2. Metal Kontraktor Mengalami Kerusakan

Klakson motor membutuhkan komponen metal kontraktor yang akan menghubungkan arus listrik DC.sama seperti klakson,komponen ini juga memiliki masa pakai yang lama kelamaan bisa mengalami kerusakan.

BACA JUGA:KNKT Akhirnya Temukan Penyebab Kecelakan Maut Truk Pertamina di Cibubur, Karena Klakson Telolet ?

Normalnya terjadi pada motor yang sudah tua dan ketika kotor bisa membuat klakson motor kadang bunyi kadang tidak. Saat klakson ditekan,maka akan muncul percikan api yang bisa menimbulkan kerak sehingga harus rutin untuk dibersihkan.

Kerak akan membuat arus yang masuk jadi terhambat. Namun apabila klakson sudah tidak bisa di bunyikan karena karat pada bagian metal kontraktor sudah berlebih,maka kalian hanya bisa menggantinya dengan yang baru. Soal perawatan metal kontraktor kalian bisa menghindari berkendara saat hujan.

Karat pada bagian metal kontraktor lebih cepat rusak karena terekpos oleh air terus menerus.

Jika motor kalian kehujanan akan lebih baik segera membersihkannya dengan air bersih supaya menghilangkan efek air asam dari hujan.

BACA JUGA:4 Cara Memilih Ban Tubeless Berkualitas Untuk Motor Matic

3. Putusnya Kawat Lilitan

Kawat lilitan juga menjadi penghubung arus listrik pada komponen klakson. Selama pengguna,kawat ini dapat mengalami kerusakan seperti terkelupas bahkan putus.

Jika kawat lilitan ini terkelupas, maka bunyi klakson biasanya akan melemah. Namun bunyi klakson motor mati jika kawat lilitan ini putus, sehingga tidak ada aliran listrik yang berfungsi membunyikan klakson.

Kawat lilitan juga menjadi bagian yang harus rutin dibersihkan. Apabila kalian menemukan bagian dari kawat lilitan yang mengelupas bahkan putus,akan lebih baik untuk menggantinya dengan yang baru. Dengan begitu bunyi klakson akan kembali normal.

 BACA JUGA:Kaum Hawa Takut Kulit Belang Saat Berkendara Motor? Begini Tips Ampuhnya Agar Sinar Matahari Tak Tembus!

4. Masalah Pada Kabel Klakson

Komponen klakson saling terhubung bukan hanya kawat lilitan dan metal kontraktor untuk menghantar listrik, tetapi juga kabel. Bagi kalian yang memiliki kendaraan baru tetapi tiba-tiba suara klakson tidak keluar atau terdengar kecil, masalhnya mungkin saja pada bagian kabel.

Hal ini bisa disebabkan karena posisi kabel dari klakson ini tidak presisi. Bisa juga karen akabel putus atau kabel yang terbuka sehingga klakson tidak mendapatkan aliran listrik.

Ada dua jenis kabel yang harus di cek dan posisinya harus benar yaitu kabel massa dan kabel listrik.

BACA JUGA:Ini 3 Tips Touring Motor Listrik Agar Ngacir Bareng Rekan Satu Komunitas

5. Terjadi Masalah Pada Aki Motor

Jika ke empat penyebab di atas sudah di cek tapi klakson masih saja tidak berbunyi,maka bisa saja sumber masalahnya berasal dari aki motor.

Aki berfungsi sebagai sumber tenaga dari sistem listrik motor.Aki akan membuat klakson berbunyi sampai lampu kendaraan menyala.

Fungsinya sangat penting dan jika sudah tidak berfungsi,maka aki harus diganti.Aki memiliki usia pakai biasanya satu hingga dua tahun.

BACA JUGA:Aki Motor Matic Cepat Tekor? Coba Lakukan Trik Ini Agar Tetap Awet!

Selain itu ada dua jenis aki yaitu aki kering dan aki basah.bagi kalian yang masih menggunakan motor aki basah jangan lupa untuk rutin mengisi air aki, jika air abis maka aki tidak bisa menjadi sumber tenaga.

Supaya aki bisa bekerja lebih awet, kalian juga bisa memanfaatkan starter kaki di bandingkan stater tangan ketika hendak menyalakan kendaraan dari kondisi dingin.

Solusi jika ternyata aki yang bermasalah adalah dengan mengisi air aki atau menggantinya dengan yang baru.

Seperti itulah penyebab dan cara mengatasi klakson motor mati yang masih bisa kalian atasi sendiri. Namun jika ternyata sudah melakukan pengecekan lalu masih saja tidak ada tanda-tanda klakson menyala artinya bisa saja ada masalah lain yang harus di cek oleh teknisi.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: