Biar Tetap Aman, Begini Cara Rawat Shockbreaker

Biar Tetap Aman, Begini Cara Rawat Shockbreaker

Nah, jika memang tidak ada rute lain yang bisa kamu pilih dan terpaksa harus melewati jalanan yang tidak rata sebisa mungkin kendarai motormu dengan bijaksana, ya. Jangan ngebut dan biarkan motormu tersiksa karena harus melewati berbagai rintangan di jalanan yang tidak mulus itu. Ngebut di jalanan yang tidak rata akan membuat shockbreaker-mu bekerja dengan sangat keras lebih dari biasanya. Bahkan bisa saja shockbreaker-mu jadi bengkok, nah kalau sudah bengkok maka dia tidak akan bisa bekerja dengan optimal deh.

4. Tidak perlu pasang anting motor di shockbreaker belakang

Sebaiknya urungkan niatmu untuk memasang anting di shockbreaker belakang motormu. Selain akan membuat orang yang membonceng merasa kurang nyaman karena posisi jok belakang akan meninggi, anting shockbreaker nyatanya akan membuat shockbreaker-mu tidak bisa berfungsi secara optimal atau bahkan malah bisa menghilangkan fungsi dari shockbreaker itu sendiri.

5. Perhatikan stanchion

BACA JUGA:Gokil! Motor Ini Digadang Jadi Motor LIstrik Termahal di Dunia, Harganya Mencapai 2 M

Kamu juga harus memperhatikan kondisi stanchion atau tabung silinder shockbreaker depan agar jangan sampai kotor. Dan jangan bebani juga dengan kunci cakram yang terlalu rapat, hal ini bisa membuat tabung silinder mengecil dan menjepit batang shockbreaker.

6. Perhatikan beban bawaan

Beban bawaan yang berat akan mengakibatkan penurunan fungsi dari suspensi shockbreaker-mu, oleh karena itu pertimbangkan lagi berat maksimal untuk bawaanmu agar shockbreaker-mu tidak terlalu tersiksa.

7. Ganti oli shockbreaker

BACA JUGA:Anniversary ke-7 Royal Riders Indonesia Sukses Digelar di Bali

Kalau yang ini sih sudah pasti harus dilakukan ya, ketika suspensi motormu sudah tidak prima, bisa jadi pegas yang ada di dalamnya sudah butuh diberikan oli lagi. Umumnya oli shockbreaker diganti setiap 2-3 tahun sekali, tapi jika memang sudah mulai tidak nyaman jangan tunda-tunda lagi dan segera servis shockbreaker-mu.

Itulah beberapa tips demi menjg kenyamanan shockbraker motor kalian!

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: