Biar Tetap Aman, Begini Cara Rawat Shockbreaker

Biar Tetap Aman, Begini Cara Rawat Shockbreaker

JAKARTA, MOTOREXPRETZ.COM - Kalian harus memperhatikan keamanan motor kalian salah satunya yaitu keamanan dari shockbreaker.

Sebagai informasi, Shockbreaker merupakan salah satu komponen dalam kendaraan bermotor yang berfungsi sebagai peredam getaran atau goncangan dari motor yang beradu dengan jalan.

Namun apabila shockbreaker tidak berfungsi dengan baik, maka berkendara akan terasa tidak terlalu nyaman dan akan membuat badan pengendara menjadi lebih cepat pegal.

BACA JUGA:Terkuak! Inilah Dampak Emisi Kendaraan yang Harus Kamu Ketahui

Maka dari itu rawatlah dengan benar shockbreaker motor kalian berikut beberapa tips untuk merawatnya :

1. Bersihkan shockbreaker-mu

Bagi mereka yang peduli dan rajin mencuci motor, tentu saja tidak perlu khawatir mengenai kebersihan shockbreaker. Nah buat kalian yang masih belum rajin mencuci motor, biasakan untuk mulai lebih rajin mencuci  dan peduli pada kebersihan motormu, ya!

Kotoran yang menempel di area shockbreaker dan sekitarnya bisa membuat seal dari komponen ini lecet. Hal ini bisa menyebabkan oli shockbreaker bisa saja bocor sehingga akan membuat kualitas pegas dari shockbreaker-mu menurun.

BACA JUGA:Terungkap! 5 Tips Ampuh Agar Kampas Rem Motor Kamu Tahan Lama

2. Hindari Rute Jalan yang Tidak Rata dan Tidak Ngebut saat Terpaksa Melewatinya

Jalan yang tidak rata atau berbatu tentu saja memberikan beban tambahan bagi shockbreaker. Terlalu sering melewati jalan seperti ini tentu saja akan mengurangi usia shockbreaker. Lin halnya jika Anda tidak memiliki pilihan jalan yang lain.

Ketika terpaksa melewati jalan yang tidak rata Anda harus mengendara dengan ekstra hati-hati dan tidak ngebut untuk membantu meringankan kerja shockbreaker Anda. Ngebut di jalanan berbatu berisiko membuat shockbreaker bengkok karena goncangan tanpa jeda. Jangan lupa agar berhati-hati dan menghidari batu atau obyek yang terlalu besar untuk dilewati.

3. Jangan ngebut di jalan yang tidak rata

BACA JUGA:Aksi Maling Motor Makin Marak, Menkominfo : Rakyat Terjebak Judi Online

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: