Mudah, Begini Cara Rawat Kesehatan Rem Motor!

Mudah, Begini Cara Rawat Kesehatan Rem Motor!

JAKARTA, MOTOREXPRETZ.COM - Bagi kalian yang ingin merawat kesehatan rem motor sangatlah mudah kali ini akan diberikan beberap tips untuk merawatnya.

Kalian tentunya bisa melakukan pengecekan baik kampas rem atau minyak rem secara pribadi atau saat melakukan perawatan berkala sesuai dengan waktu yang disarankan.

Perlu kalian ketahui juga, waktu penggantian kampas rem tergantung kondisi pemakaian pengendara.

BACA JUGA:Ampuh! 7 Tips Anti Ngantuk Saat Touring Malam Hari, Bikin Adrenalin Tetap Terjaga

Berikut beberapa tips cara menjaga kesehatan rem motor antara lain yaitu :

1. Rutin cek kesehatan rem motor

Perawatan pada rem motor sama dengan merawat kesehatan motor secara keseluruhan. Rem jelas bagian nggak terpisahkan dari motor. Ibarat kaki yang biasa digunakan untuk berjalan oleh manusia. Sebagian besar rem motor saat ini menggunakan model cakram. Jenis rem ini dipercaya mudah dingin dan tampil sangat mengesankan tanpa bunyi yang gaduh.

2.Rutin mengecek dan mengganti minyak rem

BACA JUGA:7 Tips Ampuh Memilih Ban Motor Supaya Makin Keren dan Aman di Jalan

Minyak rem sangat penting untuk kinerja rem cakram agar maksimal. Kinerja rem cakram sangat mengandalkan piston yang ada pada master rem. Master rem fungsinya menggerakan kaliper untuk mencengkeram piringan cakram, ketika pengendara motor menarik tuas rem.

Lancar atau tidaknya piston dalam menjalankan fungsinya ini, bergantung pada pompa hidraulik yang bekerja mengalirkan minyak rem.

Kalau saluran minyak tersumbat karena minyak kotor atau minyak sudah terlalu encer karena tercemar oleh bakteri atau zat lain yang bersenyawa dengan minyak, maka kinerja piston pasti akan terganggu.

Karena itulah, sangat disarankan untuk rutin mengecek dan mengganti minyak rem. Minimal setahun sekali diganti. Paling lama dua tahun sekali dan jangan lebih dari itu kalau Anda ingin selalu mendapatkan performa rem yang maksimal.

BACA JUGA:Inilah 5 Rekomendasi Ban Motor Bebek Terbaik Ini untuk Performa Maksimal

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: