Mudah, Begini Cara Rawat Kesehatan Rem Motor!

Mudah, Begini Cara Rawat Kesehatan Rem Motor!

Untuk merawatnya, sering-sering saja cek kampas pada rem. Saat motor sudah sering digunakan, bagian kampas tersebut mau enggak mau harus menipis. Kalau habis, jangan buru-buru handle rem ditarik-tarik. Nanti cakram cepat aus dan rusak. Tanda kampas habis selalu diiringi dengan suara berdecit. Kalau sudah begitu, maka wajib diganti yang baru.

3.Bersihkan cakram dengan air sabun secara rutin

Perawatan ini wajib dilakukan, khususnya saat musim hujan tiba. Kamu sudah tahu kan, kalau air hujan itu beda dengan air biasa? Ada zat asam dalam air hujan. Sedangkan cakram pada motor rata-rata terbuat dari logam yang bisa berkarat. Selama musim hujan, bersihkan cakram dengan air sabun. Terutama kalau cakram sudah kena karat.

Bahaya sekali andaikan cakram yang sudah berkarat dibiarkan begitu saja. Mungkin motormu baru beli, jadi perawatannya sungguh minim. Kemudian musim hujan bergulir. Sedangkan urusanmu di luar rumah amat banyak. Nggak ada jalan lain, kecuali tetap berkendara. Dengan air sabun, karat pada cakram akan mudah hilang.

4.Rajin bongkar kaliper

BACA JUGA:Ngeri! Inilah Alasan Harus Hindari Terlalu Dekat dengan Truk Besar Saat Naik Motor

Bagian kaliper pada motor juga wajib masuk agenda merawat rem motor per hari atau per pekan. Kaliper selama ini berfungsi untuk mengubah tenaga hidrolik jadi energi gerak. Persis apa yang terjadi perubahan karbohidrat jadi energi dalam tubuh manusia. Saat kamu mengerem motor, bagian kaliper ini yang membuat kesan berhenti jadi agak instan.

Prosesnya cukup kompleks. Ketika itu terjadi, maka tekanan hidroliknya masuk ke kaliper. Terciptalah gerakan piston yang akan menjepit kampas sesegera mungkin. Perawatannya memerlukan teknik khusus. Pengetahuan dan skill otomotifmu akan diuji, sebab cara merawatnya bagian kaliper itu harus dibongkar, baru dibersihkan.

Itulah beberapa cara untuk menjaga kesehatan rem kalian utamakanlah keselamatan diri kalian dan juga orang lain.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: