Cara Cek Kualitas Aki Motor, Apakah Masih Bagus atau Harus Ganti!

Cara Cek Kualitas Aki Motor, Apakah Masih Bagus atau Harus Ganti!

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Aki yang tersimpan di sepeda motor bertugas sebagai penyimpan dan juga sumber energi listrik sementara sebelum arus listrik tersebut didistribusikan pada bagian kendaraan yang memerlukan arus listrik. 

Seperti untuk menyalakan mesin, lampu, spidometer, dan juga klakson.

Selain sebagai penyedia energi listrik dan penyimpan energi listrik, aki motor juga berfungsi untuk menstabilkan tegangan yang dihasilkan oleh motor. 

BACA JUGA:Terungkap! Penyebab Rangka eSAF Honda BeAT Patah, Diklaim Bukan Karena Kualitas Bahannya, Tapi...

Listrik yang dihasilkan pada saat motor berjalan nantinya akan disimpan ke dalam aki, setelah tegangan listrik tersebut distabilkan oleh kiprok lebih dulu.

Di pasaran saat ini terdapat setidaknya 3 jenis aki yang dibedakan berdasarkan kandungan yang terdapat dalam aki tersebut. 

Ketiga jenis aki motor yang jamak ditemukan saat ini adalah aki basah, aki kering, dan juga aki gel.

Tak peduli apa jenis aki motor Anda, namun yang pasti aki motor juga memiliki batas usia pakainya sendiri. 

BACA JUGA:IMHAX 2023, Pameran Helm, Apparel dan Aksesoris Terlengkap Untuk Bikers, Catat Tanggalnya, Gratis!

Lama atau tidaknya usia pakai dari aki motor itu ditentukan oleh pemakaian, beban kelistrikan yang ada di motor dan juga perawatan yang dilakukan oleh pemilik motor terhadap aki tersebut.

Untuk menjaga aki motor tetap optimal, maka Anda perlu melakukan pengecekan secara teratur. Berikut ini 3 cara cek aki motor masih bagus atau tidak yang bisa dijadikan rujukan seperti dilansir dari Revzilla.

1. Menggunakan voltmeter

Cara cek aki motor masih bagus atau tidak yang pertama tentu saja dengan menggunakan bantuan alat bernama voltmeter. Volt meter sendiri berfungsi untuk mengukur tegangan yang terdapat di dalam aki motor. Aki yang sehat memiliki tegangan berkisar 12,7 – 13,6  volt dan 

standarnya memiliki tegangan sebesar 12,4 volt.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: