Cara Cek Kualitas Aki Motor, Apakah Masih Bagus atau Harus Ganti!

Cara Cek Kualitas Aki Motor, Apakah Masih Bagus atau Harus Ganti!

Jika Anda mendapati angka yang lebih rendah dari 12,4 volt, maka aki tersebut perlu dicas kembali agar tegangannya bisa kembali naik. Pengecasan ini bisa Anda lakukan jika kondisi aki tersebut masih layak dan tidak mengalami kerusakan.

Cara untuk menggunakan voltmeter ini sangat mudah. Anda tinggal mengatur tegangan menjadi DC dan hubungkan kabel positif yang berwarna merah ke kutub positif aki.

Sedangkan kabel negatif yang berwarna hitam Anda hubungkan ke kutub negatif pada aki Anda. Voltmeter akan menunjukkan berapa tegangan yang ada di aki tersebut.

BACA JUGA:TVS Ajak Perwakilan Dealer dan Pembeli Ronin Pertama 'Wisata Balap' di Mandalika

2. Mengamati kondisi fisik

Kondisi fisik aki bisa menggambarkan kesehatan dari aki tersebut. Kondisi fisik aki harus tetap sama seperti pada saat Anda membeli baru. Aki tidak boleh menggelembung, retak, apalagi sampai bocor. Jika menemukan salah satu diantaranya, maka Anda wajib mengganti aki motor dengan yang baru.

Kondisi aki motor yang sudah seperti ini tidak bisa diperbaiki lagi. Pada saat aki menggelembung, itu artinya elemen yang ada di dalamnya sudah mulai rusak. Jika Anda biarkan terus menerus, maka bisa menyebabkan aki meledak.

BACA JUGA:Rayakan Kemerdekaan RI ke-78, Yamaha Gelar Turing bLU cRU Adventure Ride di Bromo

3. Cek indikator aki di speedometer

Cara cek aki motor masih bagus atau tidak yang terakhir adalah dengan melihat informasi pada panel indikator aki yang terdapat pada bagian bagian speedometer.

Kini beberapa pabrikan motor sudah membenamkan fitur indikator aki, bahkan beberapa diantaranya juga sudah dilengkapi voltmeter untuk memantau tegangan aki motor.

Jika indikator terus menyala atau berkedip-kedip, maka itu tandanya Anda perlu memeriksa aki motor tersebut. 

BACA JUGA:Viral, Emak-emak Pintar Akal Saat Ada Razia Motor

Segera lakukan pengisian arus dengan cara dicas dengan catatan aki tersebut masih bagus. Namun jika tidak, maka Anda sebaiknya mengganti aki tersebut dengan yang baru.

Anda bisa memaksimalkan usia pakai aki motor dengan cara tidak memasang part modifikasi yang memerlukan arus listrik secara berlebihan. Selain bisa memaksimalkan usia pakai aki, hal ini juga mencegah terjadinya korsleting listrik pada motor.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: