Masih Tetap Maksa Riding Saat Hujan? Pahami Dulu Tipsnya Biar Aman

Masih Tetap Maksa Riding Saat Hujan? Pahami Dulu Tipsnya Biar Aman

BACA JUGA:Hasil Race 1 Sport 250 Mandalika Racing Series: Rheza Danica Raih Podium Juara

2. Nyalakan Lampu Saat Berkendara

Berkendara saat hujan tentunya membuat jarak pandang menjadi terbatas, terutama saat hujan turun dengan sangat deras. Oleh sebab itu, pastikan lampu motor dalam kondisi selalu menyala karena selain berfungsi membantu menerangi jalan, lampu motor yang menyala bisa menjadi pertanda keberadaan Anda bagi pengendara lain untuk mencegah terjadinya tabrakan. 

3. Bawa Perlengkapan Hujan

Agar pakaian yang dikenakan saat berkendara tidak basah maka pengendara disarankan untuk selalu membawa perlengkapan hujan yang dapat disimpan di bagasi motor. 

Perlengkapan hujan tersebut meliputi jas hujan, sepatu karet, rain cover tas dan lain sebagainya. 

BACA JUGA:Ramaikan WSBK Mandalika, AHM Gelar Turing, Bertemu Pembalap dan Luncurkan Apparel Baru

4. Kenali & Pilih Rute Berkendara

Meskipun motor sudah dalam kondisi prima, terkadang faktor kondisi jalan kerap menjadi pemicu terjadinya permasalahan di tengah perjalanan. 

Inilah pentingnya seorang pengendara untuk memahami rute jalan yang akan dilewati, dan jika memungkinkan pilih rute dengan kondisi jalan yang tidak berbahaya. 

Saat hujan turun, hindari jalanan yang berpotensi tergenang air atau banjir karena selain membuat traksi ban tidak optimal, menerjang banjir juga bisa membuat mesin dan kelistrikan motor rentan rusak.

5. Berkendara Secara Hati-Hati & Tidak Memaksakan Diri

Saat hujan turun dimana permukaan jalan licin dan jarak pandang terganggu, pengendara disarankan untuk berkendara secara lebih hati-hati. 

BACA JUGA:Sempat Alami Koma, M Abidzia Akhirnya Meninggal Dunia Karena Kecelakaan

Caranya dengan mempertahankan laju kecepatan tetap rendah, menjaga jarak dengan pengendara lain dan tidak melakukan rem secara mendadak yang dapat membuat ban kehilangan traksi. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: