Masih Tetap Maksa Riding Saat Hujan? Pahami Dulu Tipsnya Biar Aman

Masih Tetap Maksa Riding Saat Hujan? Pahami Dulu Tipsnya Biar Aman

Hindari pula gaya berkendara agresif dengan banyak melakukan maneuver yang bisa membahayakan diri sendiri maupun pengguna jalan lain. 

Selain itu, jika intensitas hujan sangat deras, maka sebaiknya pengendara menepi terlebih dahulu di tempat yang aman dan tidak memaksakan diri untuk melanjutkan perjalanan apalagi sampai terburu-buru. 

6. Manfaatkan Fitur Keselamatan Berkendara

Pada beberapa motor seperti All New NMAX 155 Connected ABS, sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan yang dapat menghadirkan kontrol maksimal saat berkendara termasuk saat melaju di tengah hujan. Fitur tersebut adalah Dual Channel ABS dan Traction Control System (TCS). 

BACA JUGA:AHMTSC Masuk Edisi ke-27, Ini 3 Mekanik Terbaik Honda Tahun Ini

Fitur Dual Channel ABS yang hadir pada motor, bisa dimanfaatkan untuk mencegah roda ban depan dan belakang terkunci saat pengendara melakukan pengereman secara mendadak atau hard braking. 

Selain lebih optimal menurunkan laju kecrepatan, Dual Channel ABS mampu mencegah ban kehilangan traksi ketika melakukan pengereman di permukaan jalan yang licin.

Sementara itu untuk TCS, fitur satu ini berperan menjaga ban agar tidak selip saat berakselerasi dipermukaan jalan yang licin seperti saat hujan. 

Pada All New NMAX 155 Connected ABS, TCS dapat disetel aktif dan non-aktif melalui tombol switch bar dengan menu pilihan yang tertera di speedometer. Biasanya fitur TCS ini kerap hadi pada motor berkapasitas mesin besar atau moge.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: