Ciamik, NMAA dan IATO Berikan Pemenang Supergiveaway Journalist Competition Satu Unit Motor Hybrid

Ciamik, NMAA dan IATO Berikan Pemenang Supergiveaway Journalist Competition Satu Unit Motor Hybrid

BACA JUGA:Lokasi dan Jadwal Samsat Keliling Polda Metro Jaya 1 November 2022

BACA JUGA:Halo Kaum Rebahan, Begini Cara Gonta-Ganti Ban Motor Sambil Telentang di Kasur

Secara teknis, prototype bernama Hi-Brid ini ditempuh dengan cara mencangkok motor penggerak listrik dalam format hub (BLDC) ke bagian as roda belakang. Dalam prosesnya, BLDC kemudian ditambah lengan ayun pada bagian kanan, kemudian kabel BLDC menghubungkan controller dan baterai management system (BMS). 

Sistem Hybrid on Demand yang diusungnya dapat dipilih sesuai kebutuhan pengendara, sehingga pengoperasian mesin bakar atau motor penggerak dapat diatur dengan mudah melalui tombol atau saklar cut-off yang terdapat di bagian setang motor. 

BACA JUGA:FDR Day Jogja Coba Satukan Komunitas Bikers dan Seni

BACA JUGA:Jadwal MotoGP Valencia 2022: Mampukah Bagnaia Juara Dunia?

Beberapa part modifikasi di unit motor hybrid ini di dukung oleh para tuner dan bengkel spesialis Indonesia, seperti tampilan bodi mendapat grafis bergaya futuristis dari Dice Sticker, sektor lampu sepenuhnya digarap oleh Yoong Motor Indonesia, sementara bagian jok dikerjakan oleh Vertue Concept. Sementara itu dalam proses pengerjaan keseluruhan konversi dan modifikasi termasuk garnish depan, aero winglet samping dan tengah untuk menambah kesan aerodinamis dikerjakan langsung di bengkel DJ Custom. 

"Unit prototype motor hybrid ini masih terus dikembangkan memberikan solusi langsung dari fenomena permasalahan yang terjadi saat ini seputar tingginya harga BBM. Selain itu, IATO memberikan solusi dalam menjawab tren penggunaan kendaraan listrik melalui konversi. Langkah ini terbilang cocok diaplikasikan di Indonesia sebelum beralih ke sistem listrik berbasis baterai, terlebih ketersediaan stasiun pengisian baterai di Indonesia belum banyak tersedia di fasilitas publik,” terang Hari Budianto, Sekretaris Jenderal Ikatan Ahli Teknik Otomotif (IATO). 

BACA JUGA:Honda Resmi Rilis Honda CBR650R Versi 2023, Tampil Lebih Garang!

BACA JUGA:Ini Dia Tampilan baru New Honda Scoopy 2022, Harganya Jadi Naik?

Hari melanjutkan, program B to B yang digulirkan masih terbatas. Untuk itu, prototype tersebut nantinya akan ditinjau oleh lembaga, bereksperimen dengan kendaraan listrik. Dalam satu unit kendaraan listrik memuat komponen diantaranya: baterai, motor listrik dan control unit (CPU). 

“Beberapa tahun ke depan akan lebih banyak konversi motor konvensional ke hybrid atau listrik dengan mengusung konsep modern, ramah lingkungan, dan efisien. Unit motor hybrid ini kami harap dapat menjadi sosialisasi dan contoh perwujudan konversi kendaraan konvensional ke listrik yang sedang digaungkan Pemerintah." 

BACA JUGA:Mantap, Anniversary Kelima XBC Diramaikan Ribuan Bikers

BACA JUGA:Cegah Rem Blong, Ini Tips Rawat Rem Cakram Motor

"Di sisi lain, beberapa persiapan lain yang harus dilakukan dari sekarang seperti fasilitas pengisian dan ketersediaan suku cadang dan baterai sesuai dengan Pepres 55 tahun 2019 tentang Program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai,” urainya. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: