Jangan Sepelekan, Ini Komponen Motor Matik yang Wajib Diganti Berkala

Jangan Sepelekan, Ini Komponen Motor Matik yang Wajib Diganti Berkala

Ini terdengar sangat sepele dan bukan masalah serius. Sebab lampu tidak memengaruhi kerja mesin motor. Padahal lampu sebenarnya termasuk komponen motor matik yang harus diganti secara berkala.

Lampu yang mati pasti akan memengaruhi pengguna sepeda motornya. Taruhannya nyawa dan sangat berisiko membahayakan keselamatannya di jalan saat menggunakannya. Pastikan untuk mengganti lampu setiap 1.5-2 tahun sekali.

BACA JUGA:Suzuki Avenis 125 Resmi Dirilis di Indonesia, Begini Tampangnya

BACA JUGA:Sudah Lolos Homologasi, Motor Listrik Yamaha E01 Siap Diluncurkan?

Kampas Rem

Kampas rem yang sudah aus akan memengaruhi kinerja motor matic dan dapat berbahaya digunakan jika remnya tak berfungsi dengan baik. Lakukan pemeriksaan pada kaki-kaki kendaraan. Komponen ini biasanya memiliki usia pakai yang pendek. Misalnya saja seperti tie rod, suspensi, dan bushing.

Filter

Filter motor matic yang bermasalah akan bisa merusak motor matic secara perlahan-lahan.

BACA JUGA:Konversi Motor BBM ke Listrik di Braja Elektrik Motor, Cuma Rp 13 Jutaan

BACA JUGA:Kreatif, Tidak Tilang Manual Satlantas Polres Bogor Suruh Pelanggar Baca Al-Quran

Filter ini  adalah filter udara, filter oli, filter bahan bakar dan filter pendingin kabin kendaraan yang rata-rata  usianya pendek  dan harus diganti ketika sudah mencapai 5.000 km, 10.000 km, 20.000 km, dan 50.000 km.

Van Belt

Ini disebut sebagai komponen penunjang dalam performa motor matik. Tak heran jika van belt termasuk komponen skutik yang harus diganti secara berkala. Apalagi debu pada filter udara saat motor sedang berjalan akan sangat mempengaruhi usianya. Siapkan dana untuk mengganti van belt saat motor sudah menempuh 25.000 km.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: wahana honda motor