Jangan Sepelekan, Ini Komponen Motor Matik yang Wajib Diganti Berkala

Jangan Sepelekan, Ini Komponen Motor Matik yang Wajib Diganti Berkala

Tanpa pelumas, pastilah motor tak bisa berjalan karena kerja mesin terhambat. Selain sebagai pelumas, oli juga memiliki peran sebagai pendingin sepeda motor. 

Pilihlah kekentalan oli yang disesuaikan dengan spesifikasi motor matik. Lakukan penggantian oli setiap 2000 km sekali, namun lebih baik diganti setiap bulan.

BACA JUGA:Tindak Pelanggar Lalu Lintas, Polda Metro Jaya Terjunkan 10 Unit Kendaraan ETLE Mobile

BACA JUGA:Jadwal dan Lokasi Samsat Keliling Polda Metro Jaya 26 Oktober 2022

Busi

Peran  utama busi adalah sebagai komponen utama pengapian motor matik yang berfungsi untuk memercikkan api atau melakukan pembakaran.  Dan pembakaran dilakukan dengan mencampur udara dan bahan bakar.

Busi merupakan komponen motor matik yang sangat vital. Pabrik motor juga merekomendasi untuk mengganti busi setelah menempuh perjalanan sejauh 20.000 km sampai 50.000 km. 

BACA JUGA:Bukti Nyata Dukungan Kemenpora Dalam Kesuksesan Grand Final Kejurda Grasstrack Banten 2022

BACA JUGA:Usai Rilis Revvo 90, SPBU Vivo Mulai Berhenti Jual Revvo 89

Aki

Aki berperan mengatur kelistrikan motor matik. Jadi, cukup wajar jika aki masuk komponen motor yang perlu diganti secara berkala.  Motor matik pasti akan mogok jika aki bermasalah dan tidak segera diganti. Aki yang terawat dan normal, pasti akan membuat motor bradsis bekerja dengan maksimal.

Aki motor matik biasanya bertahan  sepanjang 3-4 tahun, ini  juga sangat bergantung pada pemakaian motor. Apalagi motor matik menggunakan aki basah, pastikan kondisi airnya stabil. Siasati dengan lebih rajin mengecek kondisi aki setiap bulan.

BACA JUGA:Mirip TVS Ntorq 125 Race XP, Ini Spesifikasi Suzuki Avenis 125

BACA JUGA:Resmi Dirilis, Segini Harga Suzuki Avenis 125 di Indonesia

Lampu

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: wahana honda motor