Kenapa Motor Listrik Honda EM1 e: Tak Punya Fitur Gigi Mundur?

Kenapa Motor Listrik Honda EM1 e: Tak Punya Fitur Gigi Mundur?

Test Ride EM1 e:-Ilham-

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Beberapa motor listrik memiliki fitur gigi mundur atau Reverse sebagai bagian dari Riding Mode yang jadi nilai tambahnya.

Tujuannya untuk memudahkan penggunanya saat ingin memarkirkan motor listriknya. Namun ternyata fitur ini tak terdapat di motor listrik Honda. Baik model EM1 e: dan EM1 e: Plus, serta versi yang tak dijual massal, Honda PCX Electric.

Seperti disampaikan oleh Wahyu Budhi, Training Analyst PT Wahana Makmur Sejati, main dealer Honda di wilayah Jakarta dan Tangerang beberapa waktu lalu.

Menurutnya, alasan AHM belum memfasilitasi karena terkait dengan safety. "Baik itu untuk motornya, juga untuk pengendaranya," paparnya.

BACA JUGA:YECVT di Yamaha NMax Turbo Beda Sama YCC-AT di Yamaha Majesty 250, Lebih Indonesia

BACA JUGA:Intip Jeroan YECVT Yamaha NMax Turbo, Tanpa Roller dan V-Belt Makin Lebar

Karena, menurutnya saat mundur dengan roda dua akan lebih berbahaya. "Kekuatan kakinya lebih lemah. Jadi ini berkaitan dengan safety. Makannya tidak disematkan dengan gigi mundur," jelas Wahyu.

Bukan hanya EM1 e:, ternyata Honda PCX Electric juga tak dilengkapi dengan fitur gigi mundur. "Karena Honda memikirkan unsur safety baik di motornya dan pengendara," ucapnya lagi. 

Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: PLUS sendiri merupakan hasil karya anak bangsa yang diproduksi langsung di pabrik AHM yang berada di Pegangsaan, Jakarta Utara. 

Terdapat motor penggerak dengan tenaga maksimal 1,7 kW. Dukungan baterai MPP e: yang dapat dilepas-pasang (detachable) turut memberikan kemudahan konsumen. 

BACA JUGA:Superbike Legendaris Ducati 916 Masuki Usia Ke-30, Bakal Dirayakan Besar-Besaran!

BACA JUGA:Suzuki Pernah Bikin CVT Elektronik Mirip YECVT di 2002!

Dalam melakukan pengisian daya baterai, konsumen dapat melakukan pengisian daya dengan Honda Power Pack Charger e: dengan waktu pengisian daya 2,7 jam (160 menit) untuk 25%-75% dan 6 jam untuk 0%-100%.

Motor listrik modern-compact ini juga dilengkapi dengan Inner Rack dan USB charger type A. Informasi penggunaan sepeda motor listrik ini telah didukung dengan digital panel meter yang dapat menunjukan kecepatan, jarak, jam, trip meter, pilihan mode daya (Standar dan hemat/ECON) serta indikator baterai.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya