Mengapa Ban Motor Baru Memiliki Lapisan Putih? Ada Apa Dibaliknya?

Mengapa Ban Motor Baru Memiliki Lapisan Putih? Ada Apa Dibaliknya?

Ban IRC-Ilham-

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Saat Anda melihat ban motor baru, mungkin pernah terbersit pertanyaan mengapa ada lapisan putih tipis yang terlihat pada dinding ban tersebut.

 

Ternyata, lapisan putih tersebut adalah lapisan lilin yang sengaja diberikan oleh pabrikan untuk melindungi ban saat disimpan. Lapisan lilin ini memiliki fungsi penting dalam menjaga kondisi ban motor.

 

Terlebih lagi, dengan semakin banyak ban motor yang saat ini tidak menggunakan bungkus plastik karena alasan lingkungan, lapisan lilin menjadi lebih bernilai.

 

Lapisan lilin pada ban motor berperan dalam melindungi karet ban dari faktor eksternal yang dapat merusak ban, seperti sinar matahari. Tujuannya adalah agar ban motor tidak cepat rusak saat disimpan dalam jangka waktu yang lama.

 

BACA JUGA:Bedah Detail Mesin Yamaha NMAX TURBO, Banyak Juga Bedanya!

 

BACA JUGA:PRJ 2024: Kolaborasi Grand Filano x The Palace Jeweler, Bisa Dapat Pendant Edisi Terbatas Senilai Rp 27 Juta Gratis

 

Sebagai contoh, saat ban motor Anda tidak digunakan dan disimpan dalam waktu yang cukup lama, lapisan lilin ini akan membantu menjaga kelembaban dan mencegah proses oksidasi yang bisa merusak ban.

 

Dengan begitu, Anda dapat memastikan bahwa ban motor Anda tetap dalam kondisi prima ketika digunakan kembali.

 

Jadi, jawaban atas pertanyaan mengapa ban motor baru memiliki lapisan putih adalah karena adanya lapisan lilin yang berfungsi sebagai pelindung saat disimpan.

 

Dengan pemahaman ini, Anda dapat lebih menghargai nilai dari setiap detail yang ada pada kendaraan sepeda motor Anda.

 

BACA JUGA:Plot Twist! Korban Begal Sukses Temukan Motornya Setelah Nyamar Jadi Pembeli di FB

 

BACA JUGA:Spesifikasi Mesin Motor Yamaha Sudah Disiapkan Untuk Jenis Bahan Bakar Bioetanol

 

Dengan begitu, tidaklah mengherankan jika pabrikan ban motor memberikan perhatian khusus terhadap hal sekecil lapisan lilin ini. Karena pada akhirnya, usaha mereka demi memberikan kualitas terbaik pada produknya juga akan bermanfaat bagi pengguna ban motor itu sendiri.

 

Jadi, ketika Anda melihat lapisan putih tipis pada ban motor baru Anda, ingatlah bahwa itu adalah lapisan lilin yang bertugas melindungi ban motor Anda. Sebuah detail kecil namun memiliki manfaat besar dalam menjaga kualitas ban motor Anda.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya