Jangan Panik! Begini Cara Mengatasi Mesin Motor Overheat saat Mudik

Jangan Panik! Begini Cara Mengatasi Mesin Motor Overheat saat Mudik

Cara Mengatasi Motor Overhead--suzuki.com

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Mudik dengan motor merupakan pilihan yang tepat untuk menghemat biaya dan waktu.  Namun, perjalanan jauh dengan motor juga menghadirkan beberapa tantangan, salah satunya adalah potensi mesin overheat atau mendadak panas.

Kondisi ini tentu membuat khawatir, apalagi para pemudik yang sedang melakukan perjalanan jauh.

Kondisi overheat pada motor ini akan membuat kendaraan mengalami kerusakan yang kian parah apabila tidak diatasi dengan baik.

Bagi pengendara kalian harus mengenali terjadinya overheat pada motor sebelum melakukan perjalanan mudik.

BACA JUGA:Begini Langkah ALVA Cegah Maraknya Pencurian Baterai Motor Listrik

BACA JUGA:Catat 6 Cara Perbaiki dan Mengganti Rem Blong Motor: Yuk Utamakan Jaga Keselamatan!

Dilansir dari suzuki.co.id, penyebab pertama terjadinya overheat pada mesin motor adalah piston yang terlalu rapat. Kondisi ini menyebabkan clearance pada piston tidak bisa bergerak secara leluasa. Akibatnya adalah, kinerja dari piston tersebut tidak bisa maksimal.

Dalam kondisi ini, jika terus dipaksakan agar motor tetap bergerak, maka kondisi piston akan menjadi parah. Piston kelamaan bisa patah, mengalami baret, dan kemungkinan terburuknya adalah jebol. Apabila mesin semakin panas, piston akan memuai dan mengalami kemacetan saat dinyalakan.

Hal lainnya yang menyebabkan overheat ialah oli tidak mengalir dengan baik disebabkan oleh sistem pendistribusinya yang tidak lancar. Akibatnya, komponen mesin yang lainnya tidak dapat dilumasi secara maksimal.

Oli yang tidak mengalir secara teratur bisa membuat mesin mudah panas. Hal ini disebabkan komponen mesin mtor kering, sehingga semakin lama bergesekan akan kian panas. 

Mesin yang panas akan membuat motor mengalami overheat jika terlalu lama dinyalakan.

Kalian tidak perlu khawatir, ketika mesin motor mengalami overheat ada beberapa cara untuk mengatasi mesin panas saat motor digunakan.

BACA JUGA:YES! Motor Boleh Titip di Kantor Polisi Selama Mudik Lebaran 2024, Maling Berani Ambil?

BACA JUGA:Persaingan Motor Matic Adventure Semakin Ramai, Hadirkan Sosok Baru!

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: