8 Tips Cara Aman Melintasi Jalan Licin Terutama Persimpangan!

8 Tips Cara Aman Melintasi Jalan Licin Terutama Persimpangan!

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Cuaca di Indonesia kerap kali tidak dapat diprediksi dengan pasti. Dalam kondisi cuaca yang bisa berubah-ubah, jalanan seringkali menjadi licin dan berlumpur, yang juga menyebabkan peningkatan risiko kecelakaan lalu lintas.

Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui cara mengendarai motor dengan aman di jalanan yang licin, terutama saat melintasi persimpangan.

1. Periksa Kondisi Jalanan

Sebelum memulai perjalanan, pastikan untuk memeriksa kondisi jalanan terkait dengan cuaca di Indonesia.

Jika cuaca sedang buruk, maka lakukan penyesuaian seperti menghindari rute yang rawan banjir atau tergenang air, karena jalanan yang basah cenderung lebih licin.

BACA JUGA:Ditinggal Marc Marquez, Repsol dan Honda Terjadi Ketidaksepakatan Soal Kerjasama Sponsorship

2. Memakai Jas Hujan yang Tepat

Jas hujan adalah perlengkapan penting yang harus dimiliki jika cuaca buruk. Pilihlah jas hujan yang dirancang khusus untuk melindungi tubuh dari air hujan dan angin kencang.

Rekomendasi jas hujan untuk pria adalah yang memiliki perlindungan maksimal, terbuat dari bahan yang tahan air, serta memiliki kerah yang dapat menutup rapat agar air tidak masuk ke dalam jas.

3. Pastikan Kondisi Ban Layak Digunakan

Sebelum perjalanan, periksa keadaan ban pada motor Anda. Pastikan ban tidak gundul atau aus, karena ban yang jelek dapat mengurangi daya cengkeram pada permukaan licin.

Perhatikan juga corak kembang pada ban, karena fungsinya adalah untuk meningkatkan traksi dan stabilitas saat melintasi jalan yang basah atau berlumpur.

4. Jaga Stabilitas Motor Saat Melintas

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: