Simak Tips Penting Dalam Mengisi BBM di SPBU

Simak Tips Penting Dalam Mengisi BBM di SPBU

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Beberapa kecurangan yang terjadi di SPBU saat pengisian bahan bakar minyak (BBM) bisa menimbulkan keraguan bagi konsumen.

Salah satunya adalah ketidaksesuaian takaran BBM yang tertera pada meteran di dispenser dengan volume BBM yang sebenarnya masuk ke tangki kendaraan.

Kejadian semacam ini tentu sangat merugikan konsumen, karena mereka membayar lebih banyak daripada yang seharusnya mereka dapatkan.

BACA JUGA:Viral! Bapak-bapak Tolak Ditilang karena Tak Lolos Uji Emisi, Begini Ceritanya..

Dalam kasus ini, dugaan kecurangan yang dapat terjadi adalah dispenser yang tidak diatur dengan benar, sehingga menyebabkan hasil pengisian BBM tidak tepat. 

Orang yang bertanggung jawab di SPBU mungkin melakukan manipulasi pada meteran dispenser untuk menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi, dengan menyediakan takaran yang lebih rendah dari volume yang sebenarnya dibutuhkan oleh kendaraan.

Ketika seorang konsumen memasukkan nozzle dispenser ke dalam tangki kendaraannya, dia mengharapkan bahwa takaran BBM yang terbaca pada meteran dispenser akan sesuai dengan jumlah yang terisi dalam tangkinya. 

Namun, jika takaran tersebut tidak akurat, maka konsumen akan mendapatkan jumlah BBM yang lebih sedikit daripada yang mereka bayar.

Mengisi bahan bakar minyak (BBM) adalah kegiatan bersifat rutin yang dilakukan oleh pemilik kendaraan bermotor.

BACA JUGA:Viral Reza Arap Lupa Parkir Motor Hingga 3 Tahun, Total Tagihannya Dua Digit!

Namun, seringkali terdapat informasi atau mitos yang beredar di sekitar praktik ini, misalnya tentang pentingnya meminta petugas pompa menggunakan kecepatan 1 pada nozel saat mengisi BBM. 

Penggunaan kecepatan 1 pada nozel ini diyakini akan mempengaruhi efektivitas pengisian karena tidak adanya angin di dalamnya. 

Fenomena ini menimbulkan rasa penasaran banyak orang, apakah menggunakan kecepatan 1 benar-benar akan menghasilkan takaran yang lebih akurat?

Seperti dalam sebuah video tiktok yang diupload oleh akun @lusinofayantilubis yang membagikan tips isi bensin di pom SPBU. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: