Benarkah Ngecas HP di Smart Charger Sepeda Motor Bisa Bikin Aki Soak?

Benarkah Ngecas HP di Smart Charger Sepeda Motor Bisa Bikin Aki Soak?

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Inovasi terbaru dan teknologi terbaru terus berkembang di dunia otomotif,  dan selalu memunculkan sesuatu yang baru, yang membuat pengendara merasa tambah nyaman selama berkendara.

Salah satu kemudahan itu adalah munculnya power charger pada  beberapa tipe sepeda motor.

Tentu tujuannya untuk mendukung kebutuhan riders saat berkendara dan tidak perlu  merasa khawatir mengalami lowbat pada gadget di tengah berkendara.

BACA JUGA:POLYTRON Fox-S Resmi Tampil Lebih Ekonomis, Harga Rp9 Juta Sudah Dapat Motor Listrik!

Namun, sebagian orang beranggapan bahwa mengisi daya baterai ponsel melalui power output motor akan menyebabkan aki menjadi soak atau tekor? Benarkah?

Sejatinya output untuk pengisian daya ponsel tidak akan berpengaruh terhadap usia accumulator selama mesin masih tetap menyala. 

Namun, berbeda jika melakukan pengisian daya baterai pada saat mesin motor mati. Jika kondisi mesin mati, penggunaan arus untuk mengisi baterai ponsel memang bisa mengurangi arus pada aki.

Meskipun tidak berpengaruh sepenuhnya terhadap aki, sebaiknya tidak terbiasa mengisi daya baterai ponsel menggunakan power output yang tersedia di motor. 

BACA JUGA:Simak Tips Penting Dalam Mengisi BBM di SPBU

Hal ini dikarenakan output power yang dikeluarkan oleh daya aki  motor sering tidak stabil, dan ini  malah akan berpengaruh terhadap daya tahan baterai ponsel, bukan pada aki.

Output yang dikeluarkan tidak stabil, dikhawatirkan bisa menurunkan kemampuan baterai HP.

Kalaupun memang terpaksa menggunakan pengisian menggunakan output  bisa saja dilakukan, tetapi sebaiknya tidak terlalu sering atau jangan dijadikan sebagai kebiasaan.

Jika output listrik yang dikeluarkan sesuai dengan spesifikasi daya yang dibutuhkan oleh ponsel, hal tersebut menjadi tidak masalah.

BACA JUGA:Viar Resmi Luncurkan Skuter Listrik EV1, Bawa Nuansa Vespa ke Pasar Indonesia

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: