Review Sipetualang! Royald Enfield Himalayan 2024

Review Sipetualang! Royald Enfield Himalayan 2024

Mesin

Mesin berpendingin air pertama dari Enfield adalah silinder tunggal 452cc dengan DOHC dan bore and stroke 84mm x 81.5mm.

Meskipun memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dari model sebelumnya, motor ini tetap mempertahankan karakter yang sama dengan motor langkah panjang yang memberikan tenaga dan putaran yang lebih luas namun tetap mempertahankan kemampuannya untuk menenggak gas seperti motor jadul pada RPM rendah.

Karena didinginkan dengan air, mesin ini sekarang berputar lebih keras dan lebih lama dengan tenaga dan torsi yang meningkat secara signifikan di seluruh rentang putaran.

Meskipun ada peningkatan tenaga, motor ini tetap bukan motor yang bertenaga atau cepat, dengan menyalip yang harus direncanakan dan bukan spontan. Berkendara di ketinggian lebih dari 3.000 m pada saat peluncuran, kekurangan oksigen yang terjadi setelahnya hampir pasti akan mengurangi performa.

BACA JUGA:Impresi Pertama Tunggangi Motor Listrik Honda EM1 e: dan EM1 e:PLUS: Imut Tapi Lincah!

Namun meskipun demikian, motor ini tetap menarik untuk dikendarai dan sebagai sebuah paket yang mampu membuat kemajuan dunia nyata yang masuk akal di jalan yang lebih kecil sementara mampu melaju dengan senang hati pada kecepatan 70mph, dibantu oleh gearbox enam kecepatan yang baru.

Sebagai motor single langkah panjang, motor ini tidak perlu diputar ulang dan akan melaju dengan kecepatan lebih dari 2.500 rpm tanpa keluhan. Titik manisnya sehari-hari adalah antara 3.000 dan 5.000 rpm, tetapi karena ia akan dengan senang hati terus berputar dengan kurva tenaga dan torsi yang datar dan mengesankan

Keandalan & kualitas pembuatan

Seperti pendahulunya, Himalaya baru dibuat untuk tahan lama. Setelah dikembangkan di Himalaya di mana kondisi berkendara sangat keras, sepeda motor ini dirancang untuk menangani tabrakan dan menghadapi medan jalan dan off-road yang sangat kasar dan tak terduga.

Sebagian besar komponennya terbuat dari baja yang merupakan faktor utama dari bobotnya yang berat, namun hal ini memberikan keuntungan karena tangguh dan mudah dibengkokkan kembali ke bentuk semula jika terjadi kecelakaan.

Kamera ini juga terlindungi dengan baik sebagai standar dengan perlindungan tambahan dari benturan.

Mengingat bahwa sekarang ini memiliki mesin yang sepenuhnya berpendingin air dengan elektronik ride-by-wire, hanya waktu yang akan membuktikan apakah mesin ini dapat diandalkan seperti model berpendingin udara yang asli.

Nilai vs saingan

Enfield belum merilis harga untuk motor ini yang berarti kami tidak dapat membandingkannya secara langsung dengan para pesaingnya, tetapi versi lama bersaing dengan KTM 390 Adventure, Suzuki V-Strom 250, BMW G310GS, dan Kawasaki Versys 300. Namun, motor ini lebih murah dari semua motor tersebut. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: