BMW M1000RR M Competition Terbaru 2023 untuk Ajang Balapan

BMW M1000RR M Competition Terbaru 2023 untuk Ajang Balapan

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Info resmi dari BMW Motorrad Jerman terkait kehadiran New BMW M1000RR MY2023 serta BMW M1000RR M Competition Terbaru 2023 yang dibuat untuk ajang balap.

Dengan pengembangan lebih lanjut dari BMW M 1000 RR, disingkat M RR, BMW Motorrad menetapkan tonggak baru di bidang superbike yang dihomologasikan untuk balap. BMW M 1000 RR baru ditenagai oleh mesin 4 silinder segaris berpendingin cairan yang dirancang untuk tujuan balap, terutama Kejuaraan Dunia Superbike.

Seperti sebelumnya, output power puncaknya adalah 156 kW ( 209,199HP ) pada 14.500 rpm. Rangka M RR baru juga mengandalkan aluminum bridge frame sebagai pusatnya, dilengkapi dengan suspensi depan upside-down dan penyangga suspensi tengah dengan kinematika Full Floater Pro.

BACA JUGA:Spesifikasi BMW R1300GS Terbaru 2024 : Power Mesin Boxer 143HP (publis 14 desember)

BMW M 1000 RR baru 2023 ditawarkan dalam dua versi: Sebagai varian dasar, 2023 BMW M 1000 RR hadir dengan cat dasar Lighwhite non-metalik dan sebagai BMW M 1000 RR M Competition dengan cat dasar Blackstorm metalik.

Peningkatan kecepatan tertinggi secara besar-besaran dengan downforce yang meningkat secara signifikan berkat fairing baru, Winglet M baru, penutup roda depan baru dengan Saluran Rem M terintegrasi dan Penutup roda M Aero baru.

Peningkatan potensi hasil 2023 BMW M 1000 RR baru terutama dari kemajuan kolosal di bidang aerodinamis. Secara khusus, fairing yang baru dirancang yang terbuat dari serat karbon yang terlihat dengan kaca depan yang lebih tinggi meningkatkan kecepatan tertinggi secara signifikan bersamaan dengan aliran udara yang dioptimalkan di sekitar pengendara.

Untuk pertama kalinya, fairing ini juga hadir dengan dukungan fairing depan yang sangat ringan namun sangat kaku yang terbuat dari serat karbon. Kecepatan tertinggi BMW M 1000 RR baru telah meningkat dari 306 menjadi 314 km/jam dibandingkan model sebelumnya. 

BACA JUGA:TVS RTR310: Mesin BMW G Series Resmi Meluncur!

Dalam pengembangan aerodinamis ini, Winglet M juga sepenuhnya direvisi. Mereka sekarang menghasilkan downforce yang jauh lebih aerodinamis – baik dalam posisi berkendara tegak dan saat berbelok.

Pengendara mendapatkan kepercayaan diri yang lebih terkait dengan roda depan sehingga ia dapat mencapai sudut kemiringan yang lebih besar atau kecepatan menikung yang lebih tinggi pada sudut kemiringan yang sama serta mendapatkan keuntungan dari kecenderungan wheelie yang berkurang. Pada saat yang sama, pengendara mendapat manfaat dari kecepatan tertinggi yang meningkat secara besar-besaran.

Titik sentral lain dalam mengoptimalkan seluruh aerodinamis adalah area roda depan. Di sini, untuk pertama kalinya dalam sejarah BMW Motorrad, brake cooling air ducts aka saluran udara pendingin rem yang terbuat dari serat karbon terlihat digunakan – singkatnya juga disebut sebagai saluran rem.

Mereka terintegrasi ke dalam Mud Guard depan baru, yang telah dioptimalkan untuk meningkatkan aliran udara di sekitar kaki garpu dan kaliper rem. Penutup Roda M Aero, yang juga terbuat dari serat karbon terlihat menurunkan hambatan udara lebih jauh – terutama pada kecepatan di atas 250 km/jam. Penutup Roda M Aero digunakan untuk 2023 BMW M1000RR M Competition.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: