TERUNGKAP! Ini 7 Penyebab Kipas Radiator Motor Tidak Berputar

TERUNGKAP! Ini 7 Penyebab Kipas Radiator Motor Tidak Berputar

Penyebab selanjutnya bisa dikarenakan salah satu kabel yang terhubung dengan radiator terputus, sehingga kipas tidak bisa berputar seperti biasanya. Jadi cukup pastikan saja apakah jalur kebel tidak ada yang putus atau rusak, sehingga dari sana kalian  bisa mendeteksinya.

5. Motor Kipas Pendingin Mati

Kipas radiator akan berputar apabila motor penggerak bekerja dengan baik, tetapi jika terdapat kerusakan maka hal ini bisa menjadi penyebab kipas radiator mati. Jika komponen motor kipas pendingin rusak, maka akan terhubung langsung dengan sekring yang menyebabkan rusak atau mati.

BACA JUGA:Musim Hujan Telah Tiba, Kisi-Kisi Radiator Motor Juga Perlu Dibersihkan

6. Fan Control Module Rusak

Kipas dapat berputar dengan adanya dukungan fan control module, jika fan control module mengalami kerusakan. Maka dapat dipastikan jika ini menjadi penyebab kipas radiator rusak. Jadi, kalian  harus mengecek fan control module terlebih dahulu apakah masih berfungsi normal atau tidak.

7. Coolant Temperature Sensor Rusak

Penyebab berikutnya adalah Coolant Temperature Sensor yang rusak, komponen ini memang memiliki peran cukup penting. Pada dasarnya Coolant Temperature Sensor memiliki fungsi untuk mengukur suhu pendingin mesin pembakaran internal.

8. Kipas Radiator Jebol

Kipas radiator bisa menjadi penyebabnya apabila mengalami kerusakan atau jebol, hal tersebut biasanya terjadi karena sil olinya rusak. Dengan demikian kipas tidak bisa berputar meskipun suhu sudah melebihi batas sesuai dengan pengaturan pada radiator motor.

Cara Mengatasi Kipas Radiator Motor Tidak Berputar

Setelah mengetahui beberapa penyebab kenapa kipas radiator motor tidak berputar, maka kalian  bisa melakukan pengecekan dari komponen-komponen yang bermasalah diatas.

Apabila sudah mengetahui penyebabnya, baru kalian  bisa mencari solusinya apakah diganti dengan komponen yang baru atau memperbaikinya. Solusinya, kalian  bisa datang ke bengkel khusus radiator yang sudah berpengalaman.

Karena dengan ditangani langsung di bengkel khusus radiator yang sudah berpengalaman akan memberikan hasil yang baik untuk motor kalian.

Namun, untuk biaya service bengkelnya sendiri cukup mahal. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan kalian.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: