TERUNGKAP! Ini 7 Penyebab Kipas Radiator Motor Tidak Berputar

TERUNGKAP! Ini 7 Penyebab Kipas Radiator Motor Tidak Berputar

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM -  Motor memiliki banyak komponen yang penting, dimana masing-masing cara kerja dan fungsinya. Contohnya adalah busi yang berfungsi sebagai penyuplai listrik pada saat proses pembakaran sehingga terjadi perputaran.

Komponen motor lainnya contohnya adalah radiator, komponen ini memiliki fungsi penting terhadap suhu mesin kendaraan. Oleh karena itu, bagi kalian  pemilik kendaraan bermotor untuk merawat radiator dengan baik.

Pasalnya ada beberapa kejadian seperti radiator tidak berputar dan itu mengakibatkan mesin cepat panas. Bagi kalian  yang mungkin mengalami kejadian kipas radiator yang tidak berputar, silahkan simak ulasan berikut ini.

BACA JUGA:Kantor Tekiro Diserbu Ratusan Siswa SMK, Pada Mau Ngapain?

Penyebab Kipas Radiator Motor Tidak Berputar

1. Fan Belt Putus

Secara logika kipas akan berputar jika terdapat komponen penggeraknya yakni fan belt, sehingga viscous atau kipas dapat berputar. Nah, apabila fan belt rusak atau putus maka itu bisa menjadi penyebabnya kenapa kipas tidak berputar.

2. Visco Fan Rusak

Ada banyak penyebab kenapa kipas radiator tidak bisa berputar, komponen kipas visco fan atau viscous ini terletak di bagian tengah baling-baling. Apabila visco fan jebol atau terjadi kerusakan, maka otomatis kipas tidak akan bisa berputar.

BACA JUGA:Ternyata Ini Fungsi Air Radiator Motor yang Wajib DIketahui

3. Sekring Kipas Radiator Rusak

Sekring merupakan salah satu komponen yang memiliki fungsi sebagai pengaman beberapa rangkaian elektrikal.

Melihat fungsi sekring ini, maka dapat dipastikan apabila sekring terputus dan mati otomatis aliran listrik terputus dan menyebabkan beberapa komponen kipas radiator tidak berfungsi.

4. Kabel Kipas Putus

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: