Ternyata Ini Fungsi Air Radiator Motor yang Wajib DIketahui

Ternyata Ini Fungsi Air Radiator Motor yang Wajib DIketahui

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Air radiator motor menjadi salah satu bagian penting yang keberadaannya cukup esensial dalam sepeda motor.

Tidak hanya mobil saja, kini kendaraan roda dua ini juga dibekali pendingin mesin sendiri agar tidak mengalami kondisi overheat yang bisa memperburuk kondisi motor.

Kondisi motor yang sering mengalami overheat akan berdampak buruk bagi kesehatan motor itu sendiri. Demi menghindari hal ini, kalian membutuhkan komponen air radiator untuk mendinginkannya.

Untuk lebih jelasnya, berikut pembahasan lengkap seputar radiator motor yang perlu kalian  ketahui.

BACA JUGA:Musim Hujan Telah Tiba, Kisi-Kisi Radiator Motor Juga Perlu Dibersihkan

Bagian-bagian Radiator Motor

Radiator motor dibagi menjadi tiga bagian yang berbeda yakni upper tank, lower tank, dan core radiator. Ketiga memiliki fungsi dan tempat yang berbeda-beda. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Upper Tank

Upper tank merupakan komponen yang terbuat dari kuningan dan plastik komposit. Penempatannya terdapat pada bagian atas air radiator motor. Fungsi khususnya adalah untuk transit air panas yang mulanya berasal dari blok mesin ke bagian selanjutnya.

2. Lower Tank

Berlanjut pada bagian yang paling bawah dari radiator dan seringkali disebut sebagai lower tank. Komponennya terdiri dari bahan yang sama dengan upper tank yakni dari plastik komposit dan kuningan. Core Radiator

Bagian terakhir dari radiator motor adalah sarang atau core radiator. Bagian ini terbuat dari tembaga dan alumunium. Keberadaannya sangat penting dalam proses pendinginan yang terjadi di motor.

Terdiri dari susunan pipa pipih yang sudah dirangkai dengan menggunakan plat tipis. Fungsi utama dari bagian ini adalah memecahkan volume air menjadi lebih kecil lagi agar bisa melewati pipa pipih tersebut.

BACA JUGA:Jangan Asal Masukan Air kedalam Radiator Kendaraan Bradsis, Begini Efeknya!

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: