3 Hal yang Dilarang Untuk Memodifikasi Knalpot, No 3 Bisa Bikin Rugi!

3 Hal yang Dilarang Untuk Memodifikasi Knalpot, No 3 Bisa Bikin Rugi!

3 Hal yang Dilarang Untuk Memodifikasi Knalpot, No 3 Bisa Bikin Rugi!--Istimewa

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Knalpot adalah komponen di kendaraan yang berfungsi sebagai saluran pembuangan gas sisa pembakaran

Fungsi lainnya mengurangi emisi gas buang yang dikeluarkan oleh mesin pembakaran internal dan sebagai peredam bising dari sistem pembuangan kendaraan. 

Sekarang ini, banyak  kita temui di jalan,  beragam motor  knalpotnya telah dimodifikasi menjadi tidak standar.

Tujuannya adalah agar performa yang dihasilkan kendaraan menjadi lebih optimal serta untuk membuat suara kendaraan menjadi lebih sporty. 

BACA JUGA:Nostalgia! 13 Motor Bergaya Retro dengan Harga Terjangkau, Cocok Buat Penggemar Klasik

BACA JUGA:Awas, Bearing Rusak! Ciri-ciri dan Cara Perawatan Motor yang Harus Diketahui

Biasanya knalpot yang dipasang adalah knalpot racing yang memiliki karakteristik berupa suara yang lebih meledak-ledak  gahar dan kencang. 

Penggantian knalpot standar pabrikan  ke knalpot racing sesunguhnya tidak dianjurkan karena knalpot standar sudah dirancang sesuai spesifikasi kendaraan dan regulasi yang diatur. 

Ini beberapa alasan mengapa knalpot standar pabrik lebih dianjurkan dibandingkan knalpot modifikasi.

Meredam Suara dari Ruang Bakar

BACA JUGA:Unggul Mana? Baterai Lifepo4 VS Lithium-Ion, Simak Perbedaannya!

BACA JUGA:Jangan Asal Ngegas! Ini yang Harus Bradsis Lakukan Ketika Berkendara Motor

Fungsi utama knalpot adalah meredam suara bising dari ruang bakar.

Suara bising dihasilkan dari ledakan yang terjadi pada ruang bakar akibat proses pembakaran antara udara dan bahan bakar. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya