Sudah Tahu? Ini Takaran Oli Shock Depan Motor yang Benar

Sudah Tahu? Ini Takaran Oli Shock Depan Motor yang Benar

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Oli menjadi salah satu komponen yang harus terus diperhatikan ketersediaan dan kualitasnya pada motor. Jenis Oli yang digunakan untuk motor pun sangat beragam, namun kebanyakan orang awam hanya mengenal Oli mesin. 

Padahal oli yang digunakan pada shockbreaker tak kalah pentingnya dengan oli mesin. Khususnya takaran oli shock depan yang harus diisi dengan pas. Jika dilihat dari fungsinya, shockbreaker adalah komponen yang butuh perawatan termasuk pengisian oli. 

Kenali berapa takaran oli yang dibutuhkan shockbreaker pada motor Suzuki yang tepat. 

BACA JUGA:Riding Tidak Nyaman? Coba Cek Shockbreaker Bradsis, Siapa Tahu Sudah Waktunya Ganti

Ukuran Oli Shock Depan Motor Suzuki yang Tepat

Shockbreaker merupakan komponen suspensi yang ada pada kendaraan roda empat maupun roda dua. Pada motor, komponen ini ada di roda belakang dan depan, fungsi utamanya adalah untuk meredam kejutan saat dikendarai. 

Ketika kalian menaiki sepeda motor dan melewati area jalan yang tidak merata, shockbreaker akan meredam semua jenis hentakan yang terjadi. Adanya komponen ini memiliki peranan besar dalam menciptakan kenyamanan saat berkendara. 

Tak heran jika komponen ini butuh perawatan, salah satunya adalah pemberian oli dengan rutin. Oli berfungsi untuk melumasi bagian dalam tabung shock dan terdapat masa pakai yaitu kurang lebih setiap 15 ribu kilometer. 

Dalam penggantian oli shock ini juga tidak boleh dilakukan sembarangan. Pasalnya ada 

Untung Rugi Jika Salah Takaran Oli Shock Depan 

Shockbreaker merupakan komponen yang bentuknya tabung dan di sinilah guncangan dari spring akan diredam sehingga tidak muncul efek rolling. Secara umum, pada saat ban motor melewati area jalan yang tidak rata maka guncangan akan diredam oleh shockbreaker. 

BACA JUGA:Tips Agar Shock Breaker Awet dan Tetap Empuk

Redaman yang didapatkan ini akan disesuaikan dengan dimensi tabung, panjang dari pipa teleskopik dan juga volume oli. Oleh karena itulah  takaran oli shock depan  harus pas supaya motor tetap bisa stabil di jalanan jelek baik lurus atau menikung. 

Lalu apa saja dampak yang muncul jika ternyata ukuran oli shock depan yang diberikan tidak sesuai?

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: