Begini Cara Pasang Ring Piston Yang Benar, Yuk Simak

Begini Cara Pasang Ring Piston Yang Benar, Yuk Simak

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM -  Piston adalah komponen yang bergerak naik turun bolak balik sehingga mengubah energi panas menjadi penggerak. Salah satu komponen di dalamnya adalah ring Piston yang juga disebut dengan ring rasher. 

Cara pasang ring piston ini sangat penting karena akan mempengaruhi gerak piston sehingga tenaga mekanik bisa dihasilkan dengan sempurna. Pembakaran pada sepeda motor pun bisa berjalan dengan baik. 

Seperti apa cara pasangnya yang benar dan susunan yang harus diperhatikan akan dikupas tuntas di sini. 

BACA JUGA:Oversize Piston Motor: Pengertian, Fungsi & Manfaatnya

Apa Itu Ring Piston dan Fungsinya 

Ring piston dan ring rasher ini merupakan komponen yang dipasang pada piston motor. Sesuai dengan namanya, bentuk dari ring rasher seperti cincin namun diameternya lebih besar dari piston. 

Selama proses pembakaran berlangsung, ring rasher ini berfungsi sebagai pembatas antara dinding silinder dengan piston. Teksturnya elastis dan bisa berubah bentuk mengembang atau menyusut sesuai dengan suhu. 

Namun ring rasher ini akan bekerja dengan sangat baik untuk menutup celah. Apabila kenyamanan mengendarai motor berkurang, maka komponen ring rasher ini pun wajib dicek. 

Misalnya saja ketika motor mogok karena pembakaran tidak lancar bisa jadi ring rasher sudah getas atau keras. Bisa juga karena cara pasang ring piston salah. 

BACA JUGA:Ketahui Cara Merawat Ring Piston Supaya Umurnya Tetap Panjang dan Awet!

Cara Pasang Ring Piston dengan Benar 

Kesalahan pemasangan ring piston bisa berakibat fatal bagi sepeda motor. Oleh karena itulah penting untuk memahami bagaimana cara pemasangannya yang benar. 

Pemasangan yang salah bisa berakibat motor ngebul dan keluar asap putih dari knalpot motor. Berikut ini beberapa langkah pemasangan ring piston yang benar jika kalian ingin menggantinya sendiri. 

1. Membongkar Mesin Motor

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: