Begini Cara Pasang Ring Piston Yang Benar, Yuk Simak

Begini Cara Pasang Ring Piston Yang Benar, Yuk Simak

BACA JUGA:Denda Tilang Motor Neduh Sembarangan di Pinggir atau Kolong Jembatan Bikin Apes, Segini Nominalnya

Kode, warna dan juga permukaan menjadi patokan utama saat kalian hendak memasang. Jadi tidak bisa asal memasang karena bisa menimbulkan kebocoran pada motor

Perawatan Ring Piston yang Wajib Diperhatikan 

Merawat ring piston adalah solusi terbaik jika ingin komponen ini awet. Perawatannya sendiri tidak terlalu sulit, karena kalian bisa membawa motor langsung ke bengkel untuk servis rutin. 

Apa saja perawatan yang perlu kalian perhatikan supaya ring piston awet? Cek tipsnya berikut ini. 

• Pilih Oli Standar Pabrikan 

Oli mesin berperan besar untuk menjaga keawetan mesin motor termasuk ring piston. kalian sebaiknya rutin menggunakan oli standar pabrikan yang pasti pas kualitasnya. 

Jangan sekali-kali menggunakan oli bekas yang bisa menimbulkan kerusakan pada mesin. Oli bekas atau yang kualitasnya di bawah standar menjadi sumber kerak pada mesin. 

• Penggantian Oli secara Rutin 

Kalian wajib mengganti oli dengan rutin karena kualitas oli mesin akan menurun seiring dengan penggunaan. Penggantian oli sepeda motor ini setidaknya setiap 3.000 hingga 5.000 km. 

Oli yang selalu baru akan membuat ring piston terus bekerja dengan lebih baik. Kalian pun akan mendapatkan komponen ring piston jadi lebih tahan lama. 

• Mengecek Ring Piston jika Terjadi Kerusakan 

Ada beberapa tanda yang bisa diperhatikan jika ring piston mengalami kerusakan. Pertama adalah ketika suara mesin berubah menjadi lebih kasar. Kedua muncul asap putih dari knalpot dan oli mesin cepat habis. 

Artinya kalian harus segera mengganti ring piston dengan yang baru sehingga piston bekerja secara normal kembali. Apabila ring piston ini tidak segera diganti bisa menimbulkan kerusakan seperti aus pada piston. 

Bukan hanya cara pasang ring piston yang benar saja harus diperhatikan tetapi juga susunannya. Jangan sampai kalian salah memasang dan membuat mesin tidak bekerja sempurna. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: