Tidak Sulit, Ini Cara Melihat Nomor Rangka Motor

Tidak Sulit, Ini Cara Melihat Nomor Rangka Motor

Cek Hologram

BPKB dilengkapi dengan hologram pada halaman pertama. Melalui hologram ini kalian bisa membedakan dokumen tersebut asli atau palsu.

Umumnya dokumen BPKB asli jika diterawang, hologramnya akan berubah warna. Berbeda dengan hologram BPKB tiruan. Hologram akan tetap berwarna abu-abu saat diterawang.

Lihat Lambang Korlantas

Pada halaman 14 BPKB asli kalian bisa menemukan lambang Korlantas jika meneranginya dengan sinar ultraviolet. Selain itu, logo tersebut juga dibuat timbul sehingga teksturnya terasa agak kasar dibanding dengan BPKB palsu yang memiliki tekstur rata.

BACA JUGA:Lakukan Hal Ini Sebelum Berangkat Touring Motor atau Berpergian Jauh

Mengecek Nomor Rangka Secara Manual

Selain melalui kedua dokumen di atas, cek rangka motor secara manual juga bisa jadi jalan keluar. Untuk mengecek rangka motor secara manual, biasanya setiap motor memiliki letak nomor rangka yang berbeda-beda. kalian bisa mengecek beberapa bagian motor untuk menemukan nomor tersebut.

Nomor kendaraan sendiri tidak hanya merupakan angka yang tidak memiliki fungsi sama sekali. Nomor rangka merupakan identitas kendaraan.

Melalui nomor rangka ini, kalian bisa mengetahui asal kendaraan, tahun rilis, nomor mesin dan lain sebagainya. Namun Anda perlu memperhatikan bagaimana kondisi nomor rangka tersebut dan memastikannya sudah benar dan sesuai dengan setiap dokumen yang dimiliki.

Jika kalian melihat ada tempelan atau nomor rangka yang tidak rapi, sebaiknya lakukan cek nomor rangka dengan cara lainnya atau mendatangi samsat terdekat untuk memastikannya.

Mengecek Nomor Rangka Melalui Aplikasi Smartphone

Jika merasa pengecekan nomor rangka kendaraan secara manual cukup merepotkan, kalian bisa memanfaatkan aplikasi smartphone.

BACA JUGA:Kupas Tuntas Keunggulan Rangka Kokoh Suzuki

Aplikasi khusus untuk mengecek rangka motor ini akan sangat membantu. Disini, kalian hanya membutuhkan akses internet untuk mengetahui identitas motor tersebut, termasuk nomor rangkanya.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: