Simpel! Begini Cara Membersihkan Radiator Motor dengan Mudah

Simpel! Begini Cara Membersihkan Radiator Motor dengan Mudah

Kalian juga harus mengecek pada bagian coolant eksternal atau radiator telah tertutup dengan sempurna. Tujuannya supaya semua bagian radiator bisa berfungsi dengan baik dan benar. 

Cara Mengganti Air Radiator pada Tabung Reservoir

Tabung reservoir merupakan wadah air cadangan atau wadah yang digunakan untuk menampung kelebihan air dari radiator. Pada mesin motor biasanya selain dilengkapi dengan radiator juga dilengkapi dengan reservoir. 

BACA JUGA:Awas Putus! Cek Tanda-tanda Van Belt Motor Matic yang Sudah Wajib Diganti

Penting untuk memastikan tabung ini supaya tidak kering, sebab air di tabung reservoir inilah yang akan disedot oleh radiator jika air pada radiator habis. Jadi kalian juga harus mengecek dan mengganti air pada tabung reservoir secara berkala.

Mengganti cairan pada tabung ini juga termasuk perawatan radiator supaya lebih awet. Cara mengganti air radiator pada tabung reservoir bisa dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

• Melepaskan Selang Reservoir

Langkah pertama adalah melepas selang reservoir dari sambungan selang radiator. Setelah itu, Kalian bisa menguras air sampai habis dan memastikan jika kotoran pada tabung tersebut terbuang dengan sempurna.

• Mengisi Ulang Air Radiator

Jika Kalian sudah selesai menguras air pada bagian tabung, pasang kembali selang yang menempel pada nepel radiator. Kalian bisa mengisi air radiator 2/3 dari kapasitas tabung atau mengikuti petunjuk full pada tabung.

BACA JUGA:Tangerang 'Basah'! Lengkapi Peralatan Motor 'Brodist' untuk Antisipasi Saat Hujan Turun

• Menutup Tabung

Jika air sudah selesai ditambahkan, tutup kembali tabungnya dan hidupkan mesin motor. Kalian bisa memastikan apakah air berkurang atau tidak. Jika air ada di bawah garis full, tambahkan lagi air pada tabung.

Cara membersihkan radiator motor ini sangat mudah dan Kalian bisa mempraktekkannya sendiri di rumah.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: