Simpel! Begini Cara Membersihkan Radiator Motor dengan Mudah

Simpel! Begini Cara Membersihkan Radiator Motor dengan Mudah

• Mengisi Air Radiator

Radiator yang telah kalian tutup dengan baut tadi sudah siap untuk diisi kembali. Kalian bisa mengisi radiator dengan air khusus untuk radiator. Pastikan kalian telah mengisi radiator sesuai dengan takaran motor Kalian.

Jangan sampai Kalian mengisi air radiator terlalu banyak atau kurang dari takaran. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada radiator dan menyebabkan masalah pada motor Kalian.

Kalian juga harus memastikan cairan yang Kalian gunakan untuk mengisi radiator adalah air khusus radiator. Hindari menggunakan air keran atau air AC untuk mengisi radiator.

• Mengecek Coolant

Bagian yang harus diisi dengan air radiator atau cairan coolant adalah radiator dan tabung eksternal. Kalian sebaiknya mengecek bagian tersebut untuk memastikan cairan coolant sudah terisi sesuai takaran, supaya fungsi radiator berjalan dengan baik.

BACA JUGA:Jangan Takut Duluan, Ini Penyebab Air Radiator Motor Tumpah Dengan Sendirinya

Kalian juga harus memastikan jika semua komponen pada radiator telah terpasang dengan baik. Jika ada komponen yang belum terpasang akan membuat Kalian menghabiskan waktu lebih banyak lagi untuk memperbaikinya.

• Menghidupkan Mesin

Pemeriksaan terakhir setelah kalian melakukan pembersihan radiator adalah mengecek pasang surutnya air radiator saat mesin dihidupkan. Caranya cukup mudah, kalian bisa melihat batas-batas yang ada pada sisi samping tabung eksternal.

Perhatikan pada bagian tersebut, dan hidupkan mesin motor. Kalian bisa mengamatinya untuk melihat pasang surut cairan coolant. Jika kalian melihat penyusutan yang cukup jelas atau penyusutan tersebut sangat terlihat, artinya kalian harus mengisi kembali air radiator.

Caranya, matikan mesin dan tambahkan cairan coolant. Jika sudah ditambahkan kalian bisa mengecek kembali pasang surut air. Jika tidak terjadi penyusutan air yang berarti, artinya cairan coolant telah sesuai dengan takaran.

BACA JUGA:Hindari Mesin Overheat, Lakukan Perawatan Radiator Secara Berkala dan Begini Cara Cek Kondisinya yang Benar

• Menutup Radiator Kembali

Radiator yang bekerja dengan sempurna, menunjukkan jika pembersih radiator motor telah selesai dilakukan. Langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah menutup kembali radiator, dan mengecek apakah semua komponen telah tertutup dengan sempurna atau tidak.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: