Brodist! Bengkel ABK2 Jelaskan 7 Tanda yang Bisa Akibatkan Motor Turun Mesin

Brodist! Bengkel ABK2 Jelaskan 7 Tanda yang Bisa Akibatkan Motor Turun Mesin

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Motor adalah kendaraan teman setia di jalanan, layaknya seperti manusia, ia pun bisa merasa lelah dan melemah.

Jika brodis merasa performa pada motor kesayanganmu tidak seperti dulu lagi, jangan langsung panik!

Ciri khas yang bisa mengidentifikasi bahwa motormu mungkin akan mengalami masalah turun mesin.

BACA JUGA:HARUS TAHU! Ini 6 Barang yang Wajib Ada di Bagasi Motor

Jangan lewatkan informasi penting ini agar kamu bisa segera mengambil langkah yang tepat untuk memulihkan kekuatan motormu!

Suara Mesin Berubah Jadi Kasar

"Suara mesin motor tiba-tiba berubah menjadi kasar atau tidak stabil seperti awal, ini bisa menjadi tanda awal akan terjadi masalah pada komponen mesin motor." ujar Apin, Mekanik bengkel Abk2.

Daya Tahan Mesin Menurun

Motor akan terasa lebih lemah saat ditarik dalam kecepatan tinggi? Jika iya, ini bisa menjadi tanda bahwa mesin tidak lagi bekerja pada performa optimalnya.

Konsumsi Bahan Bakar Meningkat

Jika brodist merasa motor perlu lebih banyak bahan bakar untuk menempuh jarak yang sama seperti sebelumnya, ini bisa jadi petunjuk bahwa efisiensi mesin telah menurun.

Munculnya asap motor yang berlebihan

Jika motor mengeluarkan asap putih, abu-abu, atau hitam dalam jumlah yang tidak wajar, ini bisa menjadi tanda masalah pada pembakaran mesin.
"Ring piston yang sudah mulai lemah, piston baret, rusaknya sil klep pada bagian bos klep, ucap Apin.

Getaran Berlebihan

Getaran yang tidak biasa atau berlebihan saat motor menyala dapat menyebabkan ketidakseimbangan pada komponen mesin motor.

Performa yang Lambat dalam Akselerasi

Motor yang memiliki akselerasi lambat atau kesulitan menembus kecepatan tertentu bisa menunjukkan adanya masalah pada sistem penggerak.

Telat Ganti Oli Motor

Peggantian oli yang telat pada mesin dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen dalam mesin.

Jika brodist mengalami salah satu atau beberapa tanda di atas, segera periksa motormu dengan ahli servis terpercaya untuk mendapatkan diagnosis yang akurat.

Mengatasi masalah turun mesin dengan cepat akan membantu memperpanjang umur motor kesayangan brodist dan membuat pengalaman berkendara tetap menyenangkan.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: