Waspada Curanmor, Ini Tips Sederhana Agar Motor Tidak Raib Disikat Maling!

Waspada Curanmor, Ini Tips Sederhana Agar Motor Tidak Raib Disikat Maling!

JAKARTA, MOTOREPXPERTZ - Makin aman korban, makin pintar maling, kira-kira itulah pribahasa yang berkembang dimasyarakat terkait “kreativitas” pencuri kendaraan roda dua alias Ranmor (Pencurian kendaraan bermotor).

Seakan tanpa kendala, hanya dalam hitungan detik pencurian  sepeda motor bisa terjadi, bradsis.

Antisipasi untuk kehilangan motor para bradsis, jangan sampai lengah.

BACA JUGA:Awas Licin! Simak Tata Cara Mengendarai Motor Saat Musim Hujan

Berikut tips aman ala MotorExpertz.com untuk menjaga keamanan sepeda motor kesayangan.

"Semua tingkat keamanan motor pastinya punya peluang ditembus para curanmor. Tetap disarankan menggunakan kunci ganda di area lain misal kunci disc, alarm dan sebagainya,” ujar Fahri, Mekanik Wahana Indijaya Honda, membuka pesan terkait keamanan sepeda motor.

Pesan tersebut merupakan himbauan terkait dengan semakin ‘canggihnya’ maling sepeda motor dalam menyikapi perkembangan teknologi keamanan standar pabrikan.

Meski seluruh produk khususnya Honda telah melengkapi keamanan kunci dengan penambahan tutup magnet lubang kunci, hal ini tidak persulit pencurian kendaraan motor yang hanya dilakukan dalam hitungan detik.

BACA JUGA:Tips dan Trik Memahami Asuransi Motor, Simak dengan Cermat

Mukti menyarankan ada baiknya untuk memperlambat upaya pencurian motor, stang motor terparkir yang biasa kesebelah kiri kini dibalik kesebelah kanan.

“Ketika parkir membalikan stang motor kearah kanan bisa menambah waktu pencurian namun tetap dapat diakali oleh pencuri,” jelasnya.

Untuk produk premium Honda, pabrikan telah menggunakan sistem keyless sehingga motor tidak memiliki lubang kunci stater.

Namun, sekali lagi meski demikian, pencurian bisa dilakukan dengan cara memalsukan sinyal sistem dan waspadalah ketika meminjamkan motor usahakan peminjam tidak mengetahui nomor pin (barcode) bawaan untuk menekan kemungkinan pencurian dengan menggunakan operasional darurat.

BACA JUGA:Pantau Gerakan Honda, Sunting Trobosan Terbaru Urban Explore New Honda ADV 160

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: