Ini Respons Cepat Atasi Masalah Pada Lampu Indikator Suhu Mesin Motor

Ini Respons Cepat Atasi Masalah Pada Lampu Indikator Suhu Mesin Motor

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Saat mengendarai motor, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah suhu mesin. Untuk itu, kalian bisa mengetahuinya melalui lampu indikator suhu mesin yang biasanya terdapat di panel dasbor motor bagian depan.

Jika lampu tersebut menyala, artinya suhu mesin sudah melebihi batas yang ditentukan (mengalami overheat), dan dapat berdampak serius bagi motor. Dengan respon yang tepat, Anda dapat mengambil langkah yang tepat untuk mengatasinya.

Penyebab Lampu Indikator Suhu Mesin Motor Menyala

BACA JUGA:Honda ADV160 Punya Warna Baru, Makin Elegan dan Tangguh

Jadi, penyebab utama lampu indikator suhu menyala adalah jika mesin mengalami overheat. Penyebab terjadinya overheat sendiri dapat bermacam-macam. Berikut ini beberapa contoh faktor penyebab yang paling umum:

• Cairan Pendingin (Coolant) Habis atau Berkurang

- Coolant atau cairan pendingin berperan penting dalam menjaga suhu mesin tetap stabil dan mencegah overheating. Jika cairan pendingin tidak mencukupi, mesin akan kehilangan kemampuan pendinginan yang efektif, sehingga suhu mesin akan naik.

- Hal ini dapat menyebabkan lampu indikator suhu mesin menyala. Penyebabnya bisa beragam, contohnya seperti kebocoran pada sistem pendingin, entah itu pada selang, radiator, atau komponen lainnya.

BACA JUGA:Begini Cara Ganti Oli yang Benar untuk Motor Jarang Digunakan, Jangan Sampai Mesin jadi Rusak!

- Kebocoran tersebut akan menyebabkan cairan pendingin keluar dari sistem, sehingga menyebabkan berkurangnya jumlah cairan pendingin. Selain itu, penguapan yang berlebihan juga dapat mengakibatkan cairan pendingin berkurang secara signifikan.

• Kipas Radiator Mati

Kipas radiator berfungsi untuk mengatur suhu mesin dengan mengatur aliran udara yang melewati radiator. Jika kipas radiator mati atau tidak berfungsi dengan baik, maka suhu mesin dapat meningkat hingga membuat lampu indikator suhu menyala.

Sementara itu, kipas radiator yang mati dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah kerusakan pada motor kipas atau saklar kipas. Motor kipas yang rusak akan mengakibatkan kipas radiator tidak berputar.

Akibatnya, udara yang diperlukan untuk mendinginkan radiator tidak tercipta. Selain itu, saklar kipas yang rusak juga dapat menyebabkan kipas radiator tidak diaktifkan ketika suhu mesin mencapai batas yang ditentukan.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: