Simak Cara Menjual Motor Bekas Agar Cepat Laku Terjual, Bikin Calon Pembeli 'Jatuh Cinta'

Simak Cara Menjual Motor Bekas Agar Cepat Laku Terjual, Bikin Calon Pembeli 'Jatuh Cinta'

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Kalian sedang berencana untuk mengganti motor lama dengan yang baru

Ada beberapa tips penting yang harus di ketahui untuk berhasil menjual motor bekas kalian dengan harga yang bagus dan supaya bisa terjual dengan cepat.

Pasalnya,menjual motor bekas memang sedikit berbeda dengan menjual motor baru, oleh karna itu ketahui apa saja strategi yang bisa kalian terapkan ketika hendak menjual motor lama untuk menggantinya dengan motor baru.

BACA JUGA:5 Tips memilih Motor Bekas untuk Kalian Kaum Mendang-Mending, Simak Nih!

Tips Jual Motor Bekas Supaya Cepat Laku

Berkat perkembangan teknologi, sebenarnya proses menjual motor kini bisa dilakukan secara lebih mudah melalui berbagai platform online.

Artinya, kalian tidak harus bertatap muka langsung dengan calon pembeli.

Namun di samping itu, tidak ada salahnya untuk menyiapkan segala hal yang dibutuhkan agar bisa memikat calon pembeli dengan cepat. Sebagai panduan dari kami, berikut ini beberapa tips yang dapat kalian ikuti supaya motor bekas kalian bisa cepat laku.

1. Cek Dan Perbaiki Kondisi Motor

BACA JUGA:Awas Zonk! 10 Tips Beli Motor Bekas Agar Tak Salah Pilih

Langkah pertama yang harus kalian lakukan ialah memeriksa kondisi motor secara menyeluruh. Jadi, pemeriksaan ini harus meliputi baik dari sisi mesinmaupun tampilan eksterior motor.

Sebab kualitas mesin yang baik dan tampilan motor yang terawat akan mempengaruhi harga jual motor kalian. Selain itu, dengan memastikan kondisinya baik,kalian dapat menghindari komplain dari calon pembeli setelah penjualan motor tersebut.

Sebaiknya bawa motor kalian ke bengkel untuk diperiksa secara menyeluruh.

Jika di temukan kerusakan,tidak ada salahnya untuk memperbaikinya terlebih dahulu.pastikan juga bahwa tampilan motor sesuai dengan yang tertera pada STNK.

BACA JUGA:5 Tips memilih Motor Bekas untuk Kalian Kaum Mendang-Mending, Simak Nih!

2. Jual Dengan Harga Sedikit Dibawah Pasaran

Sebelum menentukan harga jual motor bekas kalian harus melakukan survei harga pasaran terlebih dahulu, pastikan kalian telah memantau harga motor sejenis di waktu tersebut, termasuk dari segi merek seperti tahun kelauran dan kondisi motor.

Selain itu,perhatikan juga perhatikan harga berdasarkan daerah, karena biasanya harga kendaraan bisa berbeda–beda antar kota. Kalian dapat melakukan survei harga ini secara online untuk memudahkan.

Kemudian setelah mengetahui harga pasarannya,akan lebih baik untuk memberikan harga sedikit di bawah harga pasar,misalnya sekitar Rp 150rb atau Rp 100 ribu lebih murah, selisih harga lebih murah biasanya akan lebih cepat menarik perhatian orang.

BACA JUGA:Awas Zonk! 10 Tips Beli Motor Bekas Agar Tak Salah Pilih

3. Patikan Kelengkapan Dokumen Dan Surat-Surat

Kelengkapan dokumen kendaraan juga adalah faktor penting dalam menentukan harga jual motor bekas.

Oleh karena itu,pastikan bahwa semua dokumen utama seperti BPKB dan STNK dalam kondisi lengkap dan masih berlaku.

Pasalnya, motor bekas yang tidak di lengkapi dengan berbagai dokumen ini dapat dianggap sebagai aksi pencurian motor. Sangat jarang calon pembeli yang bersedia membeli motor tanpa dikumen yang lengkap.

BACA JUGA:Matic Medium Budget Rp 20 Jutaan: Yamaha NMAX vs. Honda PCX 150 Bekas

4. Pilih Platform Penjualan yang Tepat

Memilih platform jual motor bekas yang tepat adalah kunci utama agar motor kalian cepat terjual. Saat ini ada berbagai media yang dapat kalian manfaatkan. Pertama, kalian dapat menjual motor langsung ke dealer atau ke showroom motor bekas.

Meskipun ini mungkin adalah alternatif cara paling cepat,biasanya harga jual di dealer motor bekas bisa lebih rendah dibandingkan kalian menjualnya sendiri. Jadi, pilihan kedua dengan cara memanfaatkan internet untuk mencari pembeli potensial.

5. Siapkan Visual Terbaik Untuk Iklan

Setelah memeriksa dan memperbaiki kondisi motor untuk memastikan semuanya masih standar, saatnya memasang iklan penjualan. Akan tetapi untuk memasang iklan, visual adalah kunci utama dalam menarik calon pembeli.

BACA JUGA:Jangan Sampai Rungkad! Tips Membeli Motor Bekas Tanpa Kecewa!

BACA JUGA:Ingin Beli Motor Bekas? Ini Tips Bedain STNK dan BPKB Palsu atau Asli!

Jadi, pastikan Foto atau video yang di gunakan dalam iklan jual motor bekas tersebut bisa memperlihatkan motor kalian dalam kondisi baik.

6. Bertransaksi dengan Hati–hati

Tips terakhir, ketika bertransaksi, pastikan untuk bertemu calon pembeli di tempat yang ramai seperti di lapangan atau area terbuka lainnya. Hal ini penting untuk diperhatikan jika mengingat banyaknya jumlah modus kejahatan dan penipuan.

Bila memungkinkan, pilihlah tempat bertemu yang famiiar bagi kalian, contohnya di rumah sendiri atau tempat umum yang biasa di kunjungi oleh kalian, sebab tidak ada salahnya untuk ekstra hati-hati mengadapi berbagai kemungkinan buruk.

Demikian tips dari kami semoga dapat membantu kalian ketika kelak kalian ingin menjual motor kalian. (ook)

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: