Lebih Dari 1,7 Juta Motor Baru Beredar di Indonesia Sepanjang Kuartal I 2024

Lebih Dari 1,7 Juta Motor Baru Beredar di Indonesia Sepanjang Kuartal I 2024

Penjualan Motor Baru-AHM-

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) merilis data penjualan motor baru sepanjang kuartal I 2024. 

 

Dari laporan tersebut diketahui jika populasi motor baru yang terserap oleh pasar Indonesia mencapai lebih dari 1,7 juta unit. Tak tanggung, secara rinci ada total 1.735.090 unit motor baru yang beredar di pasar Indonesia.

 

Penjualan terbanyak terjadi pada bulan Januari 2024 dengan jumlah mencapai 592.658 unit. Kemudian terjadi penurunan penjualan di bulan Februari mengingat jumlah hari yang lebih sedikit, yakni 29 hari saja.

 

Lalu pada bulan Maret terjadi lagi kenaikan penjualan hingga angka 583.747 unit. Naiknya penjualan ini merupakan tren menjelang Lebaran kerap terjadi setiap tahunnya.

 

Kategori terbesar penjualan sepeda motor di Indonesia masih didominasi tipe skuter matik dengan pangsa pasar hingga 90,50 persen. 

 

Sementara model sport mengisi kontribusi terbanyak kedua dengan 4,77 persen. Padahal segmen ini disesaki berbagai model yang ternyata belum sanggup mendongkrak pasar.

BACA JUGA:Pameran Kendaraan Listrik PEVS 2024 Siap Digelar Akhir April 2024

Sedangkan tipe motor bebek yang sempat berjaya kini hanya menyumbang market share sebesar 4,73 persen saja. Minimnya model baru dan pabrikan yang ikut berjualan tipe ini menambah faktor keengganan konsumen menebus motor bebek saat ini.

 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: