Sejarah dan Spesifikasi Honda PCX 125: Matic Premium Berkelas

Sejarah dan Spesifikasi Honda PCX 125: Matic Premium Berkelas

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM-- Honda PCX memasuki Indonesia pada dekade 2010, membawa terobosan segar dalam pasar sepeda motor Tanah Air. Motor ini menjadi matic premium pertama yang diimpor oleh importir umum sebelum PT Astra Honda Motor (AHM) menjualnya secara resmi.

Pada masa itu, Honda PCX memperkenalkan sejumlah teknologi inovatif. Salah satunya adalah sistem rem Combi Brake System (CBS) dengan kaliper depan 3 piston. Kini, sistem rem ini telah menjadi fitur standar pada sebagian besar matic Honda terbaru.

BACA JUGA:Bikin Bangga! Masih Ada Satu Seri, Tapi Decksa Almer Sudah Mampu Kunci Gelar Juara TTC 2023

Generasi pertama Honda PCX, yang dirilis antara tahun 2010-2012, memiliki tampilan mewah dan elegan. Desain bodinya yang membulat dipadukan dengan lekuk bodi dinamis. Bagian depan terlihat luas dengan dimensi lampu yang besar.

Bagian dek terpisah dan terlihat tebal karena ada tangki bahan bakar di sana. Buritan motor juga cenderung lebar dengan lampu belakang yang besar. Keunikan tampak pada lampu sein belakang yang terpisah namun menyatu dengan sepakbor.

Harga Honda PCX 125 Bekas

Meskipun populasi Honda PCX 125 tidak banyak karena masa edar yang singkat dan harga relatif tinggi pada saat itu, harga bekasnya tetap stabil. Di pasar jual-beli online, motor ini rata-rata dijual dengan harga antara Rp 18 juta hingga Rp 20 juta. Harga ini masih lebih terjangkau dibandingkan dengan Honda Vario 125 2022, yang saat ini menjadi salah satu matic favorit di Indonesia.

BACA JUGA:Banyak Dipakai Vario Series, Radiator Koyorad Diklaim Punya Banyak Keunggulan: Tingkatkan Performa?

Spesifikasi Honda PCX 125 Bekas

Meskipun berusia 10 tahun, kelengkapan Honda PCX 125 masih tergolong mewah dan tidak kalah dengan matic baru. Panel meter besar menggunakan paduan digital dan analog. Jarum penunjuk spidometer yang besar terletak di tengah. Layar LCD kecil menampilkan fuel meter dan odometer. Setang tanpa cover dengan lapisan krom juga merupakan fitur pada generasi pertama ini.

Mesin 125 cc pada PCX 125 merupakan basis yang juga digunakan oleh Honda Vario 125. Spesifikasinya mirip, dengan mesin 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin cairan, PGM-FI, dan kapasitas 125 cc. Mesin ini memiliki piston dengan diameter 52,4 mm dan langkah piston 57,9 mm.

BACA JUGA:Honda Vario 125 2023: Performa Makin Optimal, Konsumsi Bahan Bakar Tetap Efisien

Tenaga yang dihasilkan mencapai 11,86 PS pada 8.500 rpm, sedikit lebih besar dari mesin Honda Vario 125 yang mencapai 11,1 PS pada putaran mesin yang sama.

Honda PCX 125 generasi pertama tetap menjadi pilihan matic bekas yang berkelas dengan harga terjangkau. Fitur-fiturnya tidak kalah dengan matic terbaru karena motor ini adalah salah satu pelopor fitur canggih. Statusnya sebagai CBU Thailand memberikan keyakinan akan kualitas. Dengan populasi yang tidak banyak, rasanya lebih eksklusif di jalanan.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: