Ternyata Ini Penyebab 'Brebet' di Motor Injeksi, Simak Cara Mengatasinya di Sini

Ternyata Ini Penyebab 'Brebet' di Motor Injeksi, Simak Cara Mengatasinya di Sini

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Salah satu penyakit pada sepeda motor injeksi adalah mesin brebet. Masalah brebet akan terasa ketika motor digas dan tarikan motor tersendat.

Hal ini tentu bakal mengganggu ketika Anda sedang berkendara, apalagi saat akan menyalip kendaraan lain. Brebet ditandai dengan perputaran mesin yang langsam, mesin mudah mati, dan tersendat-sendat.

Brebet pada mesin motor injeksi dapat disebabkan oleh beberapa hal. Namun begitu, Anda tidak perlu khawatir, karena ada cara untuk bisa mengatasinya, berikut ulasannya:

BACA JUGA:Daftar Harga Motor RX King Bekas, Tinggal Pilih Mulai Rp 9 Jutaan Sampai Rp 45 Jutaan

1. Tidak menggunakan bahan bakar yang sesuai

Penyebab motor injeksi brebet yang paling sering terjadi adalah karena bahan bakar yang 'diminum' tidak sesuai. Padahal setiap pabrikan memiliki standar mengenai bahan bakar.

Harga BBM yang lebih murah sering menjadi alasan penggunaan yang tidak standar. Padahal, tidak menggunakan BBM yang sesuai dapat mempengaruhi masalah kompresi mesin.

Kebanyakan motor baru menggunakan standar BBM dengan oktan RON 92, sehingga pembakaran yang terjadi dalam mesin lebih sempurna. Bensin berkualitas rendah akan menimbulkan knocking pada mesin sehingga brebet.

BACA JUGA:Gak Perlu Tunggu Duit Banyak, Ini 10 Rekomendasi Harga Motor Listrik Murah

Hal yang sama juga berlaku jika motor dipaksa 'minum' bensin yang dicampur. Perbedaan kualitas ini yang menyebabkan pembakaran tidak sempurna.

Satu-satunya cara mengatasi masalah karena hal ini adalah mengganti bahan bakar standar sesuai rekomendasi pabrik. Masalah brebet akan hilang selama bensin berkualitas rendah sudah habis dan diganti baru.

2. Filter udara kotor

Penyebab lain mesin motor brebet adalah filter udara kotor karena sudah digunakan dalam waktu lama. Debu dan kotoran yang menempel pada filter membuat udara yang masuk berkurang karena filter mampet.

BACA JUGA:Ingin Touring Menyenangkan? Simak Tips Berikut Ini Agar Nyaman dan Aman!

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: