Poin Penting Keselamatan Jalan Raya Adalah Waspada, Bukan Bertahan atau Dimakan

Poin Penting Keselamatan Jalan Raya Adalah Waspada, Bukan Bertahan atau Dimakan

Seperti yang diungkap salah satu instruktur senior Safety Riding Promotion, Siswanto yang pada 11 Desember 2022 ini memasuki masa menikmati pensiun. 

BACA JUGA:Cari Tahu Penyebab Munculnya Kode 37 Pada Motor Matic Yamaha

BACA JUGA:Keren, Yamaha Fazzio Hybrid Connected Jadi Pemenang Good Design Indonesia Award

“Jangan menggantungkan keselamatan diri dijalan pada pengendara lain, peraturan atau keadaan sarana jalan. Awali setiap memutar kunci starter motor anda dengan rasa hati-hati, waspada, dan ingat untuk lebih mementingkan keselamatan diri,” ungkap Siswanto

Persiapkan diri, mulai dari perlengkapan berkendara dan kondisi motor yang fit. Memasuki jalan raya khususnya dengan ‘rasa’ khas ibukota yang padat, fungsikan maksimal ‘radar’ 360 derajat dalam diri anda. 

Jaga kesantunan dan kepatuhan norma berkendara, Selalu mengawasi dan mengontrol seluruh prilaku dan karakter pengguna jalan raya yang dekat dengan diri anda. Kewaspadaan ini diperlukan untuk gerakan antisipasi reflek dengan kejadian dikondisi jalan.

BACA JUGA:Sinsen Manjakan Konsumen Lewat Layanan Service Visit

BACA JUGA:Ini Dia Para Juara di Fazziophoria yang Digelar Main Dealer Yamaha PT. Thamrin Brothers

Pastikan penggunaan keselamatan berkendara internal motor seperti kaca spion, penggunaan lampu sinyal, dan alat komunikasi antar pengendara melalui klakson. 

Layaknya tim basket yang tengah dikunci lawan, gunakan mode defensive untuk mengukur dan ikuti irama permainan lawan. 

“Seni bola basket defensive bukanlah hal baru. Dikembangkan awal pada edukasi pengemudi roda empat, namun tidak ada salahnya menerapkan mode bertahan ini pada pengendara motor,” tutup Agus.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: