Sangat Mudah, Cukup Lakukan Ini Agar Ban Motor Tetap Awet

Sangat Mudah, Cukup Lakukan Ini Agar Ban Motor Tetap Awet

Rajin Membersihkan Ban

Motor pasti akan selalu kotor bila kita gunakan secara terus-menerus, apalagi saat musim penghujan.  Biasanya motor yang melewati jalanan berbatu dan berkerikil, maka kerikil-kerikil tersebut akan ikut terbawa ke ban motor.

BACA JUGA:Widih, Piaggio Luncurkan Vespa Primavera Color Vibe 125 versi 2023

BACA JUGA:Mantap, PJ Gubernur DKI Jakarta Jadikan Mobil dan Motor Listrik untuk Kendaraan Dinas

Biasanya kerikil yang terselip di sela-sela ruas ban ini dianggap sepele, namun bisa membahayakan. Ternyata kerikil-kerikil kecil yang menyelip pada bagian celah ban bisa menjadi penyebab ban bocor.

Apabila dibiarkan terus-menerus, kotoran dari kerikil itu alan tertanam lama pada ban hingga membuat ban menjadi cepat rusak. 

BACA JUGA:Menhub Sebut Kendaraan Listrik Beri Banyak Keuntungan, Salah Satunya Lebih Irit?

BACA JUGA:Ini Kata Andi Gilang Usai Raih Gelar Juara di Asia Road Racing Championship 2022

Oleh karena itu, apabila kondisi ban motor sudah kotor, segera bersihkanSehingga dengan demikian ban akan lebih awet dan terhindar dari kebocoran akibat kerikil yang ikut terbawa oleh ban tersebut.

Selalu Menjaga Tekanan Angin

Menjaga tekanan angin dalam ban kendaraan termasuk bisa membuat awet band. Seperti yang kita ketahui, bahwa sebenarnya tekanan angin pada ban sangat berpengaruh pada usia ban, tak terkecuali motor.

BACA JUGA:Luar Biasa, 3 Pembalap Indonesia Sabet Gelar Juara Asia 2022

BACA JUGA:Keren, SPBU BP Ajak Komunitas Motor Sunmori untuk Rasakan BBM Baru

Jika tekanan angin tidak sesuai standar, akan menimbulkan sejumlah kerusakan. Jika ban sudah mengalami aus, maka Anda band wajib segera  diganti dengan yang baru. 

Sedangkan untuk mengisi angin pada ban motor, sebaiknya gunakan nitrogen daripada dengan angin biasa pada umumnya. karena nitrogen jauh lebih stabil serta tidak mudah memuai daripada angin biasa.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: wahana honda motor