Aleix Espargaro Umumkan Pensiun di Akhir MotoGP 2024

Aleix Espargaro Umumkan Pensiun di Akhir MotoGP 2024

Aleix Espargaro-Aprilia-

SPANYOL, MOTOREXPERTZ.COM - Pembalap asal Spanyol yang kini bernaung di tim Aprilia Racing, Aleix Espargaro mengumumkan akan pensiun di akhir MotoGP 2024.

Pengumumannya dilakukan menjelang seri MotoGP Catalunya pada akhir pekan ini (24-26/5).

Pembalap kelahiran 1989 ini memang menjadi yang paling senior di arena MotoGP 2024. Dengan gantung helmnya Aleix Espargaro, maka tak ada lagi pembalap kelahiran 80-an yang bertarung di ajang MotoGP.

Selain itu, membuat nama Espargaro Brothers hilang dari kancah MotoGP. Musim lalu, adik Aleix yakni Pol Espargaro menyatakan pensiun dan memilih menjadi test rider di KTM.

BACA JUGA:Kawasaki Ninja 1000SX 40Th Anniversary Edition 2024, Moge Sport Tourer Gagah yang Cuma Rp 252 Jutaan

BACA JUGA:Tengok Spesifikasi Yamaha MT-09 Gen-1, Siap Diajak Turing Lintas Benua

Aleix Esparagaro sendiri turun ke kelas MotoGP sejak tahun 2010 bersama Aspar. Kemudian kembali ke Moto2 dengan tim yang sama pada 2011. 

Di musim 2012, Aleix kembali naik ke MotoGP masih dengan tim Aspar. Hanya saja musim ini turun di kelas CRT dengan motor berbasis superbike Aprilia. Selama dua musim, penampilannya tak menonjol.

Di tahun 2014, saat kejuaraan berubah jadi Open Class, Aleix berlabuh di tim Forward Yamaha. Kemudian di 2015, tim pabrikan Suzuki yang kembali ke MotoGP merekrutnya.

Bersama Maverick Vinales di Suzuki, performa keduanya sukses mendongkrak nama pabrikan Jepang tersebut. Setelah dua musim, Aleix memutuskan pindah ke Aprilia pasca Suzuki merekrut mantan gacoan Ducati, Andrea Iannone.

BACA JUGA:Mengenal Suzuki RGR 150 Motor Sport Fairing Legendaris Pabrikan yang Terlupakan!

Meski bukan pembalap yang rajin merebut podium, tapi Aleix sendiri dikenal sebagai pengembang motor yang hebat. Hal ini dibuktikan dari performa Suzuki GSX-RR yang sanggup meraih beberapa kali podium.

Bahkan peninggalannya itu sukses dibawa jadi juara dunia pada musim 2020 bersama Joan Mir.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya