Mengulik Lebih Dalam 75 Tahun MotoGP75: Pabrikan dan Warisannya

Mengulik Lebih Dalam 75 Tahun MotoGP75: Pabrikan dan Warisannya

Mengulik Lebih Dalam 75 Tahun MotoGP75: Pabrikan dan Warisannya--MotoGP

Itu kemudian menjadi tahun yang lebih besar bagi pabrikan Jepang.

Tak hanya merebut gelar juara pembalap pertama mereka, namun juga dua kejuaraan pertama, Mike Hailwood mengklaim mahkota 250cc, dan Tom Phillis menyegel titel dunia 125cc.

Honda juga meraih gelar konstruktor pertama kategori 125cc dan 250cc musim itu. Pencapaian yang melengkapi tahun luar biasa.

Pada 1966, Jim Redman menambah kemenangan kelas premier pertama bagi Honda di GP Jerman Barat.

Honda adalah pabrikan dengan kemenangan Grand Prix terbanyak sejauh ini. Mereka memiliki 821 kemenangan yang diperoleh di semua kategori, yang mana 313 diantaranya berada dalam kelas premier.

BACA JUGA:Ini Dia Perbedaan Kacamata Biasa dengan Kacamata Motor

KTM

Pabrikan Austria itu tiba di balap Grand Prix pada 2003, mengikuti GP Jepang di kelas 125cc.

Dengan pola yang makin familier, tak butuh waktu lama bagi mereka untuk meraih kemenangan, yakni di GP Malaysia tahun 2004 untuk kategori 125cc bersama Casey Stoner.

Gelar konstruktor pertama KTM datang pada 2005 di kelas 125cc. Dan ketika Moto3™diperkenalkan pada 2012, KTM membuat sejarah mereka sendiri seiring dengan era baru. Sandro Cortese mengamankan gelar juara pembalap pertama bagi pabrikan Austria.

Kemenangan pertama KTM di kelas premier juga merupakan kemenangan kelas premier pertama bagi pembalap Afrika Selatan, saat rookie Brad Binder mencuri perhatian di Brno pada 2020.

BACA JUGA:Peluncuran Motor Cruiser SM Sport V16 Dengan Body Gagah

YAMAHA

Yamaha adalah pabrikan lainnya yang memiliki sejarah panjang dalam olahraga ini. Balapan pertama mereka berlangsung di GP Prancis 1961, menurunkan Fumio Ito untuk kelas 250cc.

Kemenangan pertama Yamaha datang segera setelah memenangi GP Belgia 1963. Lagi-lagi bersama Fumio Ito di kategori 250cc.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: