Peringatan! Malas Ganti Oli Kendaraan Bisa 'Merugi' Rp 2 Juta, Ini Efek Fatalnya

Peringatan! Malas Ganti Oli Kendaraan Bisa 'Merugi' Rp 2 Juta, Ini Efek Fatalnya

Ingat, rutin ganti oli bisa membuat usia pakai mesin akan jauh lebih lama dibandingkan mesin yang olinya tidak pernah diganti atau sering terlambat diganti.

BACA JUGA:Honda Wave RSX 2024, Motor Bebek Irit BBM dengan Sentuhan Desain CBR

Sebagai pemilik sepeda motor, tentu konsumen menginginkan kendaraannya selalu dalam kondisi prima agar dapat menunjang kebutuhan mobilitas sehari-hari dengan lancar.

Selain itu, kondisi motor yang baik dan layak jalan juga menjadi keharusan, karena merupakan salah satu faktor kunci dalam meminimalisir terjadinya resiko kecelakaan.

Oleh sebab itu, rutin melakukan perawatan sepeda motor sesuai buku petunjuk manual servis dinilai penting bagi pemilik kendaraan.

Dan salah satu bentuk perawatan rutin yang dianjurkan tersebut, adalah penggantian oli mesin dalam periode dan interval jarak kilometer tertentu.

BACA JUGA:Tips Cepat Membersihkan Karat Pada Sepeda Motor dengan Benda 'Ajaib', Dijamin Hitungan Menit Hilang!

Mengapa Penggantian Oli Mesin Harus Dilakukan?

Alasannya karena oli punya peranan vital dalam merawat serta menjaga kinerja mesin yang menjadi jantung pacu dari sepeda motor.

“Pada beberapa kondisi, masih dijumpai pemilik sepeda motor yang abai dalam melakukan penggantian oli secara rutin sesuai buku petunjuk manual servis yang dikeluarkan oleh pabrikan. Hal ini kemudian berimbas pada performa motor yang menjadi tidak optimal sehingga menggangu kenyamanan mereka pada saat berkendara. Berkaca dari kondisi tersebut, maka Yamaha merasa perlu membagikan informasi perihal manfaat dari penggantian oli secara rutin, agar pengguna sepeda motor dapat lebih teredukasi dan bijak dalam merawat kendaraannya,” ungkap Agung Budi Raharja, General Manager Part Operation Division, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

Berikut adalah beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh pengguna sepeda motor manakala rutin melakukan penggantian oli mesin.

1. Suhu Mesin Terjaga & Performa Motor Menjadi Optimal

2. Komponen Mesin Lebih Awet & Hemat Biaya Servis

3. Hemat Bahan Bakar & Ramah Lingkungan

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: