Shockbreaker Jedag-Jedug? Awas, Kenali Ciri-cirinya Bisa Jadi Rusak!

Shockbreaker Jedag-Jedug? Awas, Kenali Ciri-cirinya Bisa Jadi Rusak!

Oli adalah bagian penting dari kerja komponen shockbreaker. Jika terlihat ada tetesan oli dari suspensi, besar kemungkinan shockbreaker mengalami kerusakan. Anda juga bisa mendeteksi kerusakan ketika menyentuh suspensi dan melihat noda oli pada tangan.

4. Shockbreaker “Mentok” di Jalan Rata

Shockbreaker biasanya “mentok” ketika mengemudikan sepeda motor dengan beban terlalu berat, dan itu wajar. Akan tetapi, jika shockbreaker terasa “mentok” saat mengemudi di jalan rata, itu pertanda bahwa shockbreaker tidak lagi bisa bekerja secara normal.

BACA JUGA:Subsidi Modifikasi Motor BBM ke Listrik Naik Menjadi Rp 10 Juta, Menuju Kendaraan Ramah Lingkungan

Cara Mengatasi Shockbreaker Motor Rusak

Pastikan Anda merawat shockbreaker secara rutin agar tidak cepat rusak atau bocor. Ini ada caranya:

1. Rutin Dibersihkan

Saat mencuci motor, pastikan juga membersihkan bagian shockbreaker. Hal ini untuk mencegah penumpukan kotoran yang bisa mengerak dan mengganggu kinerja.

2. Kurangi Ngebut di Jalan Bergelombang

Ketika elalui jalanan bergelombang, kasar, atau berlubang-lubang, pastikan kurangi kecepatan. Hal ini mencegah shockbreaker dapat tekanan terlalu besar yang membuatnya cepat aus. Menurunkan kecepatan saat melewati jalan bergelombang penting  juga untuk keselamatan berkendara.

BACA JUGA:Motor Listrik Tanpa STNK Bisa Ditilang Polisi? Begini Faktanya

3. Hindari Memasang Anting Shockbreaker Belakang

Belakangan ini anting shockbreaker populer digunakan di kalangan penggemar modifikasi motor. Gunanya untuk membuat tampilan motor lebih gagah dan tinggi. Akan tetapi, jika ingin shockbreaker lebih awet, sebaiknya hindari memasang anting. Selain mengurangi kenyamanan penumpang di jok belakang, anting tersebut berisiko merusak bahkan mematahkan shockbreaker.

4. Hindari Bawa Beban Berlebih

Pastikan membawa barang sesuai dengan bobot maksimal yang bisa ditanggung oleh shockbreaker motor Anda. Hal ini membantu meningkatkan keawetan shockbreaker agar tidak cepat rusak. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: