Tips Merawat Shockbreaker Agar Tetap Kuat dan Awet

Tips Merawat Shockbreaker Agar Tetap Kuat dan Awet

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Shockbreaker bukan hanya sekadar peredam guncangan; ini juga merupakan elemen kunci untuk memberikan kenyamanan dan kestabilan saat Anda melaju di jalan.

Namun, seiring berjalannya waktu dan pemakaian yang intens, kerja dan fungsi dari komponen peredam kejut ini dapat mengalami penurunan. Dalam kondisi bocor atau rusak, kenyamanan dan stabilitas berkendara dapat terganggu.

Untuk memastikan shockbreaker tetap berfungsi optimal, berikut adalah beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan:

BACA JUGA:Para Pembalap Optimis Raih Poin Maksimal dari Tim Yamaha Racing Indonesia di Seri Final ARRC Thailand

1. Rutin Dibersihkan

Kotoran yang menempel pada area kerja shockbreaker dapat merusak seal, karet, dan piston. Hal ini berpotensi menyebabkan kebocoran oli shockbreaker

Dengan membersihkannya secara rutin, Anda dapat mencegah kerusakan tersebut dan menjaga daya redam serta tingkat kestabilan.

2. Kendara dengan Kecepatan Rendah di Jalan Rusak

Kecepatan tinggi saat melintasi jalan tak rata dapat meningkatkan beban kerja shockbreaker. 

BACA JUGA:Para Pembalap Optimis Raih Poin Maksimal dari Tim Yamaha Racing Indonesia di Seri Final ARRC Thailand

Berkendara dengan kecepatan rendah pada kondisi jalan yang tidak rata dapat memperpanjang usia pakai shockbreaker, sekaligus memengaruhi umur komponen lainnya.

3. Hindari Penggunaan Aksesoris Tak Resmi

Meskipun penggunaan aksesoris untuk mempercantik tampilan sepeda motor tidak dilarang, pemilihan aksesoris yang tidak resmi dapat merugikan fungsi shockbreaker. 

Pemasangan adaptor atau peninggi yang tidak sesuai dapat merusak fungsi collar dan menyebabkan kerusakan pada shockbreaker.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: