Handle Rem Motor Terasa Blong? Ternyata Ini Penyebabnya

Handle Rem Motor Terasa Blong? Ternyata Ini Penyebabnya

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Rem merupakan salah satu komponen yang memiliki peran sangat penting. Lalu apa yang terjadi jika handle Rem motor kalian terasa blong? Sudah dapat dipastikan ribuan bahaya mengincar kalian dan pengendara yang lain.

Maka dari itu, kalian perlu mengetahui apa saja hal-hal yang dapat menyebabkan rem blong. Kalian juga wajib mengetahui bagaimana cara mengatasi rem blong.

Hal tersebut dimaksudkan agar suatu saat jika kalian mendapati rem motor kalian blong, bisa segera menanganinya. Berikut penjelasannya.

BACA JUGA:Hati-hati Rem Blong! Simak Tata Cara Merawat Kampas Rem yang Benar Pada Motor

Penyebab Handle Rem Blong

Rem motor yang blong akan sangat membahayakan penggunanya, terlebih lagi jika sedang berada di jalanan menurun dan lalu lintas sedang ramai. Untuk itu, kalian perlu mengetahui apa saja penyebab rem bisa blong agar nantinya bisa lebih berhati-hati dalam berkendara.

• Kurangnya Pasokan Minyak Rem

Minyak rem merupakan salah satu komponen yang benar-benar harus diperhatikan kondisinya. Akan tetapi, belum banyak orang yang paham kapan waktu yang dianjurkan untuk mengganti minyak rem. Pada umumnya, minyak rem harus dilakukan penggantian setidaknya 1 tahun sekali.

1 tahun termasuk waktu yang lumayan lama. Akan tetapi, minyak rem tetap harus dicek kondisinya secara berkala. Hal tersebut sangat perlu dilakukan agar bisa mengetahui bagaimana kualitas dan kuantitas minyak rem motor kalian.

Handle rem bisa mengalami blong jika minyak rem memiliki kualitas yang buruk dan jumlahnya kurang. Oleh karena itu, kalian harus rajin mengecek kondisi minyak rem supaya kendaraan tetap aman digunakan. 

BACA JUGA:Jangan Panik! 5 Tips Ampuh Atasi Rem Blong di Motor

Jika kotor maka harus segera diganti, dan jika kurang segera diisi. Bagi yang tidak paham akan pengecekan ini, maka kalian  bisa membawanya ke bengkel dan pihak bengkel akan memberi tahu saat dibutuhkan pengisian.

• Kanvas Rem Sudah Aus

Penggantian minyak rem memang sebaiknya dilakukan setiap 1 tahun sekali. Akan tetapi, apabila ketika kalian mengecek dan belum ada 1 tahun kondisi minyak rem ternyata jumlahnya kurang, maka perlu dicurigai keadaan kanvasnya.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: