Ini Cara Mengatasi Handle Rem Motor yang Blong

Ini Cara Mengatasi Handle Rem Motor yang Blong

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Kecelakaan paling banyak disebabkan oleh keadaan rem yang blong.

Rem blong sebenarnya bisa dicegah dengan melakukan berbagai macam perawatan pada mesin motor.

Namun jika rem kalian ternyata sudah blong, tidak perlu khawatir karena tetap bisa diatasi. Berikut ini cara mengatasinya.

BACA JUGA:Lebih Premium, Yamaha Luncurkan XMAX 250 TechMax Seharga Rp 71 Jutaan

Turunkan Gigi Motor Secara Bertahap

Kecelakaan motor kerap kali terjadi karena rem blong dan dalam kecepatan yang tinggi.

Apabila kalian mendapati rem terasa blong, lebih baik turunkan gigi motor secara bertahap agar putaran rotasi dapat menurun secara perlahan. Dengan demikian, terjadinya kecelakaan dapat diantisipasi.

Mesin Jangan Dimatikan

Handel rem yang blong tak jarang membuat pengendaranya panik dan secara spontan mematikan mesin.

Padahal, mesin yang dimatikan ketika rem blong sebenarnya akan membuat kalian semakin sulit. Sebaiknya, mesin tetap dinyalakan dan segera menepi secara perlahan di sebelah kiri jalan.

BACA JUGA:Honda CBR250RR Terapkan Teknologi Canggih Bisa Berkendara Tetap Aman Saat Hujan

Namun, apabila kalian sedang berada di sebelah kanan jalan dan sulit untuk menepi, berusahalah untuk tetap menepi walaupun di sisi kanan. Sebelum menepi, pastikan tanda darurat dinyalakan untuk memberi tanda kepada pengendara lain di sekitar kalian.

• Atur Penggunaan Rem

Setiap motor pasti dilengkapi dengan dua jenis rem, rem depan dan belakang. Saat kalian berada dalam perjalanan namun ternyata rem blong, atur penggunaan kedua rem tersebut agar tidak dominan salah satunya. Pengendara harus selalu siap untuk melakukan pengereman belakang.

Saat kalian melakukan pengereman belakang, gunakan juga rem depan secara bertahap. Sedikit catatan, jangan letakkan di tuas rem depan. Banyak orang yang merasa panik ketika remnya blong dan langsung menekan tuas rem depan tersebut.

BACA JUGA:Simak Komponen Rem Tromol dan Cakram Lengkap dengan Fungsinya

Padahal, hal tersebut sebenarnya sangat berbahaya. Ban bisa mengalami selip dan kemungkinan besar kalian terjatuh.

• Jauhkan Kendaraan dari Keadaan Ramai

Apabila saat berkendara tiba-tiba rem motor kalian mengalami blong, sebaiknya bawa motor ke tempat yang agak sepi. Tujuannya adalah untuk menghindari kejadian yang mungkin saja lebih fatal, seperti terjadinya kecelakaan dengan pengendara yang lain.

Ketika rem blong, usahakan tetap tenang agar bisa fokus menguasai kendaraan. Jika tempat sepi sulit dicari, kalian bisa mengambil keputusan untuk menabrakkannya ke sesuatu yang lunak. Misalnya saja motor dibelokkan ke semak-semak atau lumpur.

Atur Jarak dengan Pengendara yang Ada di Depan

Mengatur jarak berkendara dengan kendaraan yang ada di depan ketika rem blong merupakan hal yang sangat penting dan harus dilakukan. Atur jarak seaman mungkin dengan kendaraan di depan kalian supaya bisa leluasa melakukan recovery.

BACA JUGA:Daripada Beli Jas Hujan Kresek, Mending Beli Jas Hujan Ini Dijamin Lebih Awet Anti Rembes

Jangan sampai rem kalian yang blong malah membawa musibah untuk pengendara yang lain. Itu sebabnya saat keadaan seperti ini, pengendara sangat dianjurkan untuk tetap tenang supaya bisa fokus dan berpikir jernih.

Handle rem bisa mengalami blong disebabkan karena banyak hal. Namun jika dari sekian cara mengatasi rem blong sudah kalian coba namun belum juga teratasi, gunakan cara lain yang lebih pasti. 

Bawalah kendaraan kalian ke bengkel resmi Suzuki terdekat agar bisa segera ditangani oleh tenaga ahli yang profesional.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: