Mesti Tahu, Ini Fungsi Kampas Kopling Ganda Pada Motor Matic

Mesti Tahu,  Ini Fungsi Kampas Kopling Ganda Pada Motor Matic

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Sepeda motor menjadi jenis kendaraan yang praktis untuk melalui jalanan sempit. Saat ini jenis sepeda motor yang paling banyak diminati adalah motor matic yang operasionalnya sangat mudah. 

Setiap motor matic dilengkapi dengan sistem kopling ganda yang akan membuat sepeda motor dapat berjalan. Kopling ganda ini memiliki dua komponen penting yaitu rumah kopling dan kampas ganda. 

Sebagai pemilik kendaraan setidaknya kalian wajib mengetahui fungsi dari kampas kopling ganda ini dan cara kerjanya. 

BACA JUGA:Ini Kelebihan dan Kekurangan Kopling Motor Hidrolik

Fungsi Lengkap Kampas Ganda yang Perlu Diketahui 

Kampas kopling merupakan salah satu komponen wajib pada sepeda motor termasuk motor dengan sistem karburator. Secara umum, kampas kopling berfungsi untuk menghubungkan mesin dengan sistem transmisi. 

Adanya kampas kopling ini akan menggerakan roda dan akhirnya motor pun berjalan. Berbeda dengan motor bebek biasa, pada motor matic jenis kampas kopling yang digunakan adalah kampas ganda. 

Meskipun jenisnya berbeda namun fungsi kampas ganda ini kurang lebih sama yaitu untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang. Jenis kampas ini hanya digunakan pada sepeda motor yang menggunakan sistem Continuously Variable Transmission (CVT). 

Ada dua komponen yang digunakan pada kampas ganda. Pertama adalah kopling sentrifugal yang berada di poros engkol dengan menjadi kopling primer. Kedua adalah kopling sekunder yang berada di samping transmisi. 

BACA JUGA:Mengenal Transmisi Kopling Ganda Pada Motor DCT Honda

Fungsi untuk kopling primer adalah memutuskan putaran mesin saat RPM mesin berada di posisi rendah. Fungsi kampas kopling ganda bagian primer lainnya juga menghubungkan RPM mesin saat di angka tertinggi. 

Efeknya adalah motor akan tetap diam saat posisi masuk dan mesin telah menyala. Fungsi bagian sekunder sendiri adalah memutuskan putaran mesin saat terjadi perpindahan gigi. Tanpa kedua komponen ini, maka roda tidak berputar dan motor tidak berjalan. 

Cara Kerja Kampas Kopling Ganda

Dilihat dari fungsinya, pengaruh kopling ganda ini ada ketika motor dijalankan. Karena ketika motor berjalan maka penambahan akselerasi terjadi sehingga RPM mesin pun meningkat. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: