Oversize Piston Motor: Pengertian, Fungsi & Manfaatnya

Oversize Piston Motor: Pengertian, Fungsi & Manfaatnya

Memiliki ukuran piston yang lebih besar tentunya akan dapat menambah performa dari mesin motor tersebut. Awalnya, modifikasi oversize pada piston motor ini diadopsi dari dunia motor balap.

BACA JUGA:Seberapa Kuat Daya Tahan Forged Piston untuk Motor Harian? Begini Penjelasannya

Adapun fungsi lain dari oversize motor untuk pemakaian harian adalah berguna untuk menghilangkan tanda-tanda kompresi bocor yang disebabkan oleh liner yang baret. 

Oversize pada piston juga berfungsi untuk memperbaiki silinder yang telah mengalami keausan sehingga akan normal kembali. 

Oversize pada motor juga berfungsi untuk memperbesar volume pada ruang bakar mesin.

Apabila sebuah motor memiliki volume ruang bakar yang besar, maka mesin tersebut juga akan semakin banyak menampung bahan bakar sehingga pembakaran dapat berjalan lebih optimal.

BACA JUGA:Gila! Motor Dua Alam Ini Punya Kapasitas Mesin Besar, Tapi Cuma Bermodal 1 Piston Doang

Adanya modifikasi oversize pada piston motor menjadikan performa mesin dapat kembali normal.

Modifikasi oversize pada piston juga dapat dijadikan sebagai alternatif ketika kondisi dinding liner telah aus tanpa harus mengganti blok mesin yang tentunya membutuhkan biaya yang lebih mahal.

Manfaat Oversize pada Piston Motor

Oversize pada piston biasanya dilakukan ketika motor telah mengalami aus yang diakibatkan oleh usia pemakaian yang cukup lama atau motor yang sudah tua.

Manfaat yang diperoleh dari oversize pada piston yaitu kompresi mesin menjadi normal kembali dan performa motor menjadi meningkat.

BACA JUGA:Musim Hujan, Awas Malah Bikin Motor Karatan, Simak Cara Mengatasinya!

Tidak hanya untuk mengembalikan kompresi mesin menjadi normal kembali, modifikasi oversize yang dilakukan pada blok silinder atau dinding liner yang telah mengalami aus akan bermanfaat. Ini untuk memperlancar langkah dari piston kembali, sehingga proses pembakaran mesin akan optimal lagi.

Oversize merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kerusakan ruang bakar pada mesin motor.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: