Oversize Piston Motor: Pengertian, Fungsi & Manfaatnya

Oversize Piston Motor: Pengertian, Fungsi & Manfaatnya

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM -  Modifikasi motor di dunia otomotif tidak hanya pada penampilan atau visualnya saja, namun juga dapat dilakukan pada komponen lainnya seperti mesin.

Arti oversize sendiri merupakan istilah yang tidak asing bagi para peng-upgrade motor yang sering melakukan modifikasi pada kendaraannya. 

Sebelum memutuskan untuk melakukan oversize pada motor kesayangan, sebaiknya kalian ketahui terlebih dahulu seluk beluk tentang oversize.

BACA JUGA:Ketahui Cara Merawat Ring Piston Supaya Umurnya Tetap Panjang dan Awet!

Nah, apa sebenarnya pengertian oversize, fungsi, manfaat, hingga efek sampingnya bagi kendaraan? Yuk simak ulasan mengenai oversize berikut ini.

Pengertian Oversize pada Piston Motor

Arti oversize bisa dipahami dengan mengganti atau memperbesar piston serta melakukan bubut boring di ruang bakarnya yang berguna untuk memperbesar kemampuan boring. Melakukan oversize artinya adalah mengganti ukuran piston pada motor lebih besar daripada ukuran bawaannya. 

Oversize piston diartikan sebagai cara memodifikasi mesin motor dengan cara memperbesar ukuran atau diameter pada piston motor. Variasi ukuran untuk oversize motor biasanya menggunakan kenaikan setiap 0,25 mm yaitu ukuran 25, 50, 75, hingga 100 untuk besar oversize maksimal.

Apabila oversize sudah melebihi 100 atau 1 mm, maka sebaiknya untuk mengganti boring dan menggunakan ukuran standar lagi atau oversize 0.

BACA JUGA:Awas, Ini Dia Ciri Piston Motor Oblak pada Mesin

Jika oversize melebihi 100 maka dikhawatirkan liner akan terlalu tipis dan tentunya hal tersebut akan menimbulkan masalah baru.

Oversize merupakan langkah ketika ruang bakar bermasalah. Biasanya oversize piston dilakukan pada motor yang memiliki umur pakai yang tinggi yaitu pada motor tua yang mulai mengeluarkan asap berasal dari knalpot yang disebabkan oleh kebocoran kompresi pada mesin motor tersebut.

Fungsi Oversize pada Piston Motor

Fungsi oversize salah satunya adalah berguna untuk meningkatkan performa kinerja mesin pada motor.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: